Massa Buruh Konvoi ke Istana, Sudirman-Thamrin Macet

Demo buruh Jakarta
Sumber :

VIVAnews - Aksi unjuk rasa besar-besaran yang dilakukan ribuan buruh dari berbagai organisasi dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia. Kawasan ini menjadi titik kumpul sebelum massa menggelar aksi di Istana Negara.

Pantauan VIVAnews, Rabu 21 November 2012, arus kendaraan dari arah Jalan Sudirman menuju MH Thamrin macet total. Massa buruh di HI berkumpul di bahu jalan tepat di depan Plaza Indonesia. Mereka juga memadati kawasan air mancur di Bundaran HI.

Dalam aksinya ini mereka menuntut kenaikan upah buruh yang selama ini tidak sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL). Mereka juga menuntut agar pemerintah menghapuskan sistem kerja outsourcing. Buruh melihat, sistem kerja itu sarat akan nuansa kapitalisme yang tidak memikirkan kesejahteraan buruh.

"Outsourcing cuma bikin kita sengsara. Kami menuntut agar pemerintah dan pengusaha memperhatikan kami," kata Nasrudin Jamal dari Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Dalam aksi ini massa buruh membawa sejumlah bendera organisasi. Mereka juga melakukan orasi dari mobil komando. Serta dalam aksi ini mereka juga memutar lagu dangdut. Selain itu sejumlah spanduk dan poster berisi tuntutan mereka juga dibentangkan.

Atas aksi ini, sejumlah petugas polisi lalu lintas pun terpaksa dibuat sibuk mengatur lalu lintas. Bahkan, petugas terpaksa menutup jalan arah Jalan Sudirman menuju Jalan Imam Bonjol. Saat ini buruh mulai bergerak menuju Istana Negara. (eh)

Hidup dengan Kepala Menempel Selama 62 Tahun, Kembar Siam Tertua di Dunia Tutup Usia
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Iran Punya Aturan Serangan Baru Untuk Negaranya

Presiden Iran memperingatkan bahwa 'langkah sekecil apa pun' yang dilancarkan ke negaranya, maka akan langsung menimbulkan respons yang "keras" dari militernya. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024