UMP Naik, Pengusaha Akan Kurangi Pegawai?

Ribuan Buruh Berdemo di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2013 yang meningkat sebesar 43,87 persen dari tahun sebelumnya, membuat sejumlah pengusaha terancam melakukan pengurangan pegawai.

Menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Edi Kuntadi, kenaikan UMP hingga mencapai Rp2,2 juta tentu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan usaha.

"Dampak yang paling terasa yang pertama pasti adanya pengurangan pegawai, pendapatan usaha juga akan berkurang," ujar Edi dalam jumpa pers di Kantor Kadin DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu, 21 November 2012.

Edy mengatakan, sejauh ini Kadin sudah mendengar beberapa isu mengenai para investor dengan skala besar yang dikabarkan akan menghentikan investasinya. Data tersebut, kata dia, memang belum secara konkret didapatkan oleh Kadin, namun hal tersebut tidak tertutup kemungkinan bakal terjadi.

"Saya pikir mereka kan juga harus membandingkan investasidi Indonesia dengan di negara lain. Selama disini masih cukup kondusif dan daya saing masih cukup bagus, saya kira tidak akan mengganggu," katanya.

Ia mengakui beberapa waktu belakangan sudah banyak pengusaha yang menghubungi Kadin untuk menyampaikan keberatan dan meminta saran kepada mereka. Ada juga pihak-pihak yang akan mengajukan keberatan, mengingkinan penangguhan terhadap upah ini.

"Ini yang barangkali yang harus disikapi menjadi satu usulan supaya penangguhan ini tidak menghadapi kendala. Tadi juga ada 50 pengusaha dari KBN (Kawasan Berikat Nusantara) yang bertemu dengan kami, dan ini perlu diwaspadai karena bagaimanapun akan berpengaruh kepada dunia usaha," tuturnya.

Meski begitu, Edi menegaskan pihak Kadin DKI Jakarta tidak berniat untuk mengajukan gugatan kepada Pengadilan Tinggi TataUsaha Negara (PTUN), terkait penetapan UMP ini.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memastikan bahwa penetapan UMP DKI sebesar Rp2,2 juta bagi pengusaha dan buruh. Pertemuan dengan Apindo telah dilakukan kemarin dan menurut dia besaran UMP ini telah diterima dengan baik.

Gak Cocok dengan Rizky Irmansyah, Begini Pasangan Ideal Buat Nikita Mirzani Menurut Dinar Candy
Booth Mitsubishi di IIMS 2024 / Mitsubishi Xpander

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Xpander memiliki desain eksterior yang modern dan sporty, dengan lampu LED dan grille depan yang agresif.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024