Hujan, Banjir di Pondok Pinang Makin Tinggi

Gladi Penanggulangan Bencana
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Tidak hanya pemukiman warga di sepanjang Kali Ciliwung yang kebanjiran karena air kiriman dari Bogor, warga yang bermukim di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, juga terendam banjir kiriman.

Banjir di kawasan Jalan Kampung Baru, terjadi akibat luapan air dari Kali Pesanggrahan. Air banjir mulai naik ke pemukiman warga sejak pukul 04.00 WIB. Hingga kini, ketinggian air terus meningkat karena cuaca di kawasan itu turun hujan.

Adhi Susatyo, warga Pondok Pinang menjelaskan, banjir menggenangi 4 RT di kawasan itu, ketinggiannya mencapai 2 meter. Ada sekitar 200 rumah warga yang tergenang air banjir. Kalau biasanya banjir cepat surut, tapi hari ini justru lebih lama.

"Selama sepekan tidak pernah tinggi. Tapi hari ini banjirnya lebih parah dan justru tambah naik airnya," katanya kepada VIVAnews, Kamis, 22 November 2012.

Sejak pukul 11.00 WIB, upaya evakuasi sudah dilakukan bagi warga yang terjebak di rumah mereka. Kegiatan ini dilakukan petugas dari pemadam kebakaran dan Satpol PP Jakarta Selatan. Semula warga bertahan di atap rumah mereka dan menolak untuk dievakuasi. Tapi saat hujan turun, warga justru minta dievakuasi.

"Petugas evakuasi sudah ada, tapi dapur yang didirikan di majelis talim terpaksa didirikan dengan swadaya masyarakat. Belum ada bantuan dari pemerintah," katanya lagi.  (umi)

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024