Terminal Baru Depok Akses Langsung ke Tol Cijago

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Pembangunan Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, baru mencapai 70 persen. Pemerintah Kota Depok menargetkan pada 2013 terminal tipe A itu sudah bisa difungsikan.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan Depok, Yusmanto, menjelaskan pembangunan Terminal Jatijajar mengalami hambatan karena kurangnya anggaran. Menurut dia, anggaran dari pemerintah pusat dan Jawa Barat belum semuanya keluar. "Yang dibutuhkan Rp90 miliar, tapi yang cair baru Rp20 miliar," kata dia, Senin 3 Desember 2012.

Saat ini, kata dia, petugas tengah merampungkan pembuatan kantor di terminal. Guna mendukung operasioanl terminal, Dishub menertibkan ribuan pedagang pasar tumpah di Jalan Juanda.

Para pedagang itu kerap menghambat laju kendaraan sehingga akses menuju Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dari arah Depok macet parah. "Jalan Juanda adalah jalan nasional yang sudah seharusnya bebas hambatan. Terlebih, Jalan Juanda menghubungkan akses Tol Cijago dan Jalan Margonda Raya," ucapnya.

Terminal Jatijajar berdiri di lahan seluas 10,2 hektar dengan konsep jalur one in-one out dan terhubung dengan akses Tol Cijago. Ribuan kendaraan mampu tertampung di terminal itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dindin Djaenudin, menambahkan nantinya bus kota tak perlu melintasi jalur dalam kota untuk menuju Jakarta. Itu juga mengurangi kemacetan di Jalan Margonda.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Terminal akan dilengkapi dengan fasilitas perdagangan dan usaha. Area ini meniru konsep Terminal Blok M dan Kampung Rambutan dengan penempatan pusat bisnis dan angkutan umum sehingga tidak terkesan semrawut.

Jika Terminal Jatijajar telah beroperasi, tidak berarti Terminal Depok dihentikan. Fungsi Terminal Depok ditujukan untuk penyambung moda transportasi lain seperti KRL. "Jadi pengguna jasa angkutan umum bisa lebih nyaman. Saat ini kondisi Terminal Depok sudah sangat tidak layak," ujarnya. (eh)

Ketua RMI PBNU KH Hodri Ariev

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

PBNU resmi membuka kegiatan Santri Super Camp 2024 yang merupakan program beasiswa bimbel intensif selama 30 hari yang diikuti ribuan santri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024