VIDEO: Komplotan Penipu SMS Transfer Uang Dibekuk

Rilis Geng Motor di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komplotan penipu melalui pesan singkat atau SMS meminta transfer uang dibekuk. Polisi menangkap empat pelaku utama yaitu Agus Setiawan, Rendra, Nati, dan Bahrudin pada Senin 3 Desember 2012. Dalam aksinya, pelaku mengirim SMS dan menelepon calon korban untuk meminta kiriman uang karena anggota keluarganya kecelakaan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, menjelaskan para pelaku sudah berbagi peran. Ada yang bertugas mengumpulkan informasi calon korban, menerbitkan buku dan kartu tabungan, serta menampung uang hasil transferan.

Mereka tak saling kenal, tetapi bekerja sama dalam setiap aksi penipuan. Pada kasus yang dilaporkan ke Polsek Metro Penjaringan, korban ditelepon bahwa anaknya kecelakaan dan harus dioperasi dengan biaya Rp19 juta.

Saat korban panik, pelaku lain berusaha menutup akses telepon suami dan anaknya hingga pasrah dan memutuskan untuk mentransfer uang.

"Kami bekerja sama dengan operator telepon untuk melacak nomor-nomor pelaku. Hasilnya, mereka rata-rata berada di luar Pulau Jawa. Sementara pelaku lain di Jawa. Kami menduga ini untuk menyulitkan penyelidikan," kata Kapolsek Metro Penjaringan, Ajun Komisaris Besar Aries Syahbudin.

Polisi masih mengembangkan penyelidikan dan mengejar pelaku lain yang belum tertangkap. Kasus seperti ini diduga melibatkan banyak pelaku.

Dari empat pelaku disita ratusan kartu ATM dan buku tabungan dari berbagai bank besar, 4 handphone, uang puluhan juta, dan bukti struk transaksi ATM.

"Dari tersangka Rendra, 127 kartu ATM beserta buku tabungan, Agus Setiawan 23 buku tabungan, dari tersangka Nati 37 buku tabungan baru yang mau dikirim ke Agus Setiawan di Sulawesi Selatan, dan 10 buku tabungan dari Bahrudin," ujar Aries.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Para tersangka dijerat pasal penipuan yaitu 378 KUHP dengan ancaman hukuman dua tahun penjara. Lihat

(eh)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024