Mengapa Golput Menang di Pilkada Kota Bekasi

Demonstrasi mendukung Golput dalam Pemilu
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Pemilihan Kepala Daerah yang berlangsung di Kota Bekasi rupanya dimenangkan oleh Golongan Putih atau Golput atau orang yang tidak memberikan hak suara. Hasil penghitungan cepat Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan bahwa hanya 48,81 persen pemilih yang aktif. Sementara hampir 52 persen adalah Golput.

Tidak adanya tokoh yang cukup menonjol, begitu kesimpulan survei LSI, menjadi penyebab utama tingginya jumlah Golput. "Tidak ada tokoh yang cukup menonjol untuk menarik minat pemilih datang ke Tempat Pemilihan Suara  (TPS)," kata Direktur Eksekutif Citra Publik Indonesia (CPI) - Lembaga Survei Indonesia (LSI) grup, Anggoro, Minggu 16 Desember 2012.

Selain soal ketokohan, alasan lain adalah hari pemilihan yang bertepatan dengan hari libur. Banyak warga yang memilih pergi berlibur daripada ikut memilih.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Kebanyakan Golongan Putih (Golput), diklasifikasikan sebagai pemilih menengah ke atas dengan tingkat konsumsi berita yang tinggi. "Karena tingkat konsumsi berita yang tinggi, mereka cukup mengetahui positif dan negatif para calon walikota," kata Anggoro.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa hasil penghitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), pasangan Rahmat Effendi - Ahmad Syaikhu menang dalam Pilkada ini. Pasangan nomor urut empat itu memperoleh 43,87 persen.

Margin of error dalam hitung cepat ini hanya 1 persen. Sementara vote turn out (tingkat partisipasi pemilih) hanya 48,81 persen.
 
Sedangkan Ketua KPU Kota Bekasi, Tubagus Hendy Irawan, mengatakan bahwa KPUD tidak akan menggelar hitung cepat. "Kami hanya akan melakukan penghitungan normal yang resmi," katanya.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic
Ramalan zodiak

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Ramalan zodiak Kamis, 25 April 2024. Aries ingin menjauh dari realitas sejenak. Bagi Libra yang lajang, mungkin ada kesempatan untuk bertemu seseorang yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024