Aturan Ganjil Genap Mulai Disosialisasikan

Macet di Jalan Jakarta. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, memastikan instansinya siap melaksanan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap. Saat ini Polda masih menunggu hasil kajian antara Ditlantas dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Itu masih dalam kajian, tim sedang bekerja keras untuk penerapan tersebut, nanti hasil paparannya akan disahkan ke saya dan Pak Gubernur," ujar Putut, Senin 17 Desember 2012.

Polisi juga mempersiapkan penegakan hukum untuk menindak kendaraan yang melanggar aturan ganjil genap. Menurutnya sosialisasi kepada masyarakat tentang kebijakan ini terus dilakukan. "Pengawasannya akan dibarengi dengan sistem tilang elektronik," jelas dia.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan empat alternatif bagi warga Jakarta bila kebijakan ganjil genap mulai diberlakukan. Diharapkan dengan alternatif ini, bila ada warga yang belum siap mengikuti aturan ganjil genap dapat menghindarinya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, empat alternatif yang akan disiapkan adalah penggunaan angkutan umum seperti Bus Rapid Transit (BRT), mengubah rute perjalanan, waktu perjalanan dan menggunakan sistem car pooling.

"Pola perjalanan ada dua macam, merubah waktunya sebelum jam 06.00 WIB atau sesudah jam 22.00 WIB. Bisa juga merubah rute karena tidak semua rute diterapkan ganjil genap," ujar Pristono.

Selain itu, alternatif lain bisa juga secara bersamaan naik dalam satu kendaraan yang bernomor ganjil atau genap sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Yang penting adalah car pooling yaitu bersama-sama dengan teman-temannya. Akan terjadi efisiensi," ujarnya.

Pristono menambahan, kebijakan genap ganjil dipastikan akan diberlakukan di jalur 3 in 1 dan kawasan lingkar dalam kota yang dilalui jalur bus Transjakarta.

"Kawasan lingkar dalam yang ada jalur busway. Contohnya, Cawang, Cempaka Putih, Tomang dan Ancol," katanya.

Pristono mengakui bila kebijakan tersebut direalisasikan, maka akan semakin menambah tingkat konsumsi masyarakat terhadap kendaraan pribadi. (eh)

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024