Ganjil Genap, TMC Jadi Pusat Koordinasi Lalu Lintas

Lalu Lintas Semrawut Akibat Lampu Mati
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Cryshnanda Dwi Laksana, menjelaskan instansinya akan melengkapi Closed Circuit Television (CCTV) dalam rangka penerapan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap.

Itu dilakukan guna mengawasi kendaraan yang melanggar kebijakan tersebut. CCTV akan dilengkapi sensor yang bisa menangkap kode ganjil dan genap.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

"Kemudian  bagaimana kita belajar untuk membudayakan transportasi umum, karena situasi sudah separah ini. Kalau cara manual sudah tidak bisa tetapi kita harus bisa mengubah mindset, sehingga ada kesadaran disiplin berlalulintas," ujar Cryshnanda, Selasa 18 Desember 2012.

Dia berharap aturan ini ditunjang dengan infrastruktur yang memadai. Jangan sampai kebijakan sudah siap tetapi peralatan penunjangnya belum mumpuni.

"Juga sumber daya manusia untuk mengawasi, sistem edukasi dan penegakan hukumnya, di mana penerapannya harus sejalan."

Menurut dia, polda akan menyiapkan pendataan sistem elektronik pada registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. "Nantinya TMC akan menjadi pusat kendali komunikasi dan informasi lalu lintas di Jakarta," ucapnya. (eh)

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok
Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024