Mahasiswa Berjaga di Stasiun UI, Tolak Penggusuran

Penertiban di Stasiun Depok Baru
Sumber :

VIVAnews - Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Faldo Maldini, menyatakan akan pasang badan untuk para pedagang pemilik kios di Stasiun UI bila pada PT KAI akan menggusur kios pada hari Senin, 31 Desember 2012, nanti. Faldo menyatakan, mahasiswa menolak upaya penggusuran seperti terjadi di Stasiun Lenteng Agung.

"Jangan sampai para Bapak dan Ibu pedagang di Stasiun UI bernasib sama seperti para pedagang di Stasiun Lenteng Agung, jangan biarkan stasiun ini dibongkar oleh PT KAI," ujar Faldo ketika di depan Stasiun UI Depok, 30 Desember 2012.

Faldo sendiri mengatakan, setelah membongkar kios para pedagang di Stasiun Lenteng Agung, perusahaan BUMN tersebut akan melanjutkan aksi penggusurannya di stasiun UI pada Senin, 31 Desember 2012. Untuk itu, Faldo menyatakan mahasiswa akan mengawal para pedagang.

"Kami harap ada dialog terlebih dahulu. Ada komunikasi dua arah, jangan asal main gusur saja. Mereka di sini kan bayar sejak lama, dan bukan PKL yang main tempati lahan saja," katanya.

Faldo sendiri mengatakan, selama ini PT KAI melakukan penggusuran sepihak tanpa adanya dialog dan kejelasan tentang kompensasi yang akan didapat setelah para pedagang digusur. "Penggusuran dilakukan tanpa ada dialog antara PT KAI dan pedagang. Ini terjadi hampir di seluruh stasiun. Pedagang hanya ditempeli selebaran bebas isinya diberi jangka waktu pengosongan kios selama tenggat waktu seminggu, sangat cepat dan mepet," katanya.

Faldo menyatakan, bila pihak PT KAI tetap berkukuh membongkar kios pedagang yang telah menempati lahan tersebut sejak tahun 2004 tersebut, maka mahasiswa bersama para pedagang akan melawan dan bertahan di stasiun UI. "Kalau tetap dibongkar, tanpa ada dialog dan kejelasan, maka kami dan para pedagang akan bertahan," kata Faldo.

Ia mengatakan, mahasiswa akan bertahan malam ini hingga esok pagi di Stasiun UI  untuk menjaga kios para pedagang. "Kami akan bertahan di sini, kami tidak rela nasib pedagang di Stasiun UI sama seperti para pedagang di stasiun-stasiun lainnya," kata Faldo.

Para pedagang di stasiun mempertahankan kiosnya lantaran mereka masih merasa memiliki hak huni hingga tahun 2012 ini. Para pemilik kios juga diwajibkan membayar sewa lahan per tahunnya hingga mencapai 3- 4 juta rupiah sejak tahun 2004.

Deputi Wakil Kepala Daops I PT KAI, Dwiyana, mengatakan, penertiban kios di sisi Peron di Lenteng Agung ditujukan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang kereta. Selain itu,  masa sewa kios juga telah habis. "52 Kios berdasarkan data kami sewanya sudah habis, kontraknya habis, nantinya lahan tersebut akan kami gunakan untuk perluasan peron," ujar Dwiyana.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
Nyamuk aedes aegypti.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Dinas Kesehatan saat ini turun tangan untuk mengatasi persoalan kasus DBD di Jakarta, dengan menyosialisasikan para warga untuk melakukan gerakan 3M.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024