METRO

Percepatan Proyek Jalur Puncak II Habiskan Rp800 Miliar

Salah satu jalur utama di Jawa Barat itu ditargetkan selesai pada 2015
Minggu, 13 Januari 2013
Oleh : Desy AfriantiPermadi (Sukabumi)
Kawasan Puncak, Jawa Barat

VIVAnews - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mempercepat pembangunan jalur Puncak Dua. Pembangunan salah satu jalur utama di Jawa Barat itu sudah direncanakan sejak dua tahun lalu.

"Pembangunannya akan menghabiskan anggaran hampir Rp800 miliar. Dan ditargetkan selesai pada 2015," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, saat berkunjung ke Cianjur, Minggu 13 Januari 2013.

Jalan sepanjang 40 kilometer itu diharapkan bisa menjadi jalur alternatif yang bisa mengatasi kemacetan di kawasan Puncak dari arah Jakarta, Bogor maupaun dari Bandung dan Sukabumi.

"Hingga saat ini masih dalam pembebasan tanah. Dari laporan yang saya terima sudah dibebaskan sekitar enam kilometer. Untuk pembebasan ini sudah menghabiskan dana Rp50 miliar," kata dia.

Heryawan mengharapkan anggaran dari pemerintah pusat dapat segera turun. Dalam rencana yang disepakati, pembangunan jalur ini akan didanai APBD Jawa Barat dan dibantu APBN.

Menurut politisi PKS itu, jalur Puncak II ini sudah menjadi kebutuhan warga Jabodetabek yang hendak berlibur dan berwisata ke luar kota. Maka dari itu, ucapnya, jalur ini menjadi kebutuhan yang sangat mendesak dan harus segera dibangun.

"Pembangunan membutuhkan koordinasi yang baik antara Pemprov Jabar, Pemkab Cianjur, dan Pemkab Bogor," kata dia. Nantinya, jalur itu akan
mengatasi kemacetan di Puncak II wilayah Bogor seperti Sentul, Ciawi hingga Cisarua. Dan Cianjur seperti kawasan Cipanas, Megamendung, Cisarua hingga Puncak. (ren)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found