Jokowi: Hijaukan Jakarta Jangan Pakai Pohon Bakung

Jokowi Keliling Bundaran HI
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mulai merancang anggaran untuk menghijaukan Jakarta. Menurutnya, DKI Jakarta tahun ini akan mengalokasikan dana untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Besarannya, mencapai Rp20 miliar.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pria yang akrab disapa Jokowi saat  mengunjungi kebun bibit Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi, juga melihat kesiapan pohon serta tanaman yang akan digunakan untuk menghijaukan Jakarta.

"Kita ini kan mau menghijaukan Jakarta total. Tapi kekuatan potensi yang ada kan harus dilihat," ujar Jokowi, Senin, 14 Januari 2013.

Jokowi menjelaskan, pada tahun lalu, Pemprov DKI telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp300 juta untuk perbaikan taman. Dan untuk tahun ini, anggaran tersebut akan dinaikkan hampir 70 kali lipat.

"Kemarin dihitung-hitung  paling Rp300 juta. Tahun ini kita anggarkan sampai Rp20 miliar. Tahun depan kalau memang dibutuhkan Rp1 triliun. Mau hijau nggak Jakarta?" katanya.

Besarnya anggaran yang dikeluarkan, karena Jokowi ingin tanaman yang digunakan bukan lagi tanaman yang murah dan harus tanaman yang mempunyai karakter.

"Jangan lagi yang ditanam bakung- bakungan, telo- teloan lagi. Harus tanaman yang menunjukkan karakteristik Jakarta," tegasnya.

Jokowi sendiri mengatakan, untuk membuat Jakarta menjadi semakin hijau, pihaknya telah menargetkan RTH di Jakarta sebesar 30 persen. Dan untuk mewujudkan hal itu, Pemprov DKI telah menyediakan dana sebesar Rp850 miliar untuk membeli lahan sebagai RTH.

"Kalau kita ingin terus menambah RTH, ya satu- satunya cara harus beli tanah, asal ada yang jual tanah kita beli, ada jual kita beli," ujarnya.

"Kalau biasanya developer yang beli tanah, sekarang gantian kita yang borong tanah, itu kalau Jakarta mau hijau," lanjutnya.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024