Jakarta Dikepung Banjir, Halte Trans Jakarta Jadi Tempat Pengungsian

Banjir Mangga Dua
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews- Hujan yang mengguyur kawasan Bogor dan sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak dini hari tadi menyebabkan sebanyak 50 kelurahan terendam banjir. Ribuan warga terpaksa mengungsi, lantaran rumahnya terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Arfan Arkilie mengatakan, berdasarkan  data yang dimiliki BPBD DKI Jakarta, ketinggian air yang merendam pemukiman warga bervariasi mulai dari 5- 200  sentimeter.

"Hingga pukul 19.00 jumlah pengungsi mencapai 6.101 jiwa, di 50 kelurahan," ujar Arfan, Selasa, 15 Januari 2013.

Jumlah pengungsi terbanyak, katanya berada di Kelurahan Duri Kosambi yakni sebanyak 2.645 orang dengan ketinggian air 10-70 sentimeter. "Di sana warga bahkan diungsikan  di halte Bus Trans Jakarta, karena banyaknya jumlah pengungsi," katanya.

Selain itu, pengungsi terbanyak juga berada di Kelurahan Rawabuaya dengan jumlah 2.102 orang, disana banjir disebabkan karena tanggul Cengkareng Drain yang jebol.

"Kelurahan Bidara Cina, ketinggian air mencapai 40-200 sentimeter. Jumlah pengungsi di kelurahan tersebut mencapai 214 orang," katanya.

Arfan mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mendirikan Posko pengungsian, dapur umum, dan posko kesehatan yang langsung didirikan di tempat-tempat pengungsian.

"Sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) posko-posko sudah langsung didirikan, khususnya yang terdapat pengungsi. Seperti posko dapur umum, posko kesehatan, dan posko banjir," katanya.

Sementara itu beberapa pintu air saat ini, menunjukan posisi siaga 2, yakni di pintu air Angke Hulu dengan ketinggian 300 sentimeter, pintu air Manggarai 880 sentimeter, dan pintu air Karet 600 sentimeter. Pintu air yang dalam posisi siaga tiga yakni Pesanggrahan 190 sentimeter, Krukut Hulu 160 sentimeter, Katulampa 130 sentimeter, dan Depok 230 sentimeter.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga
Persib Bandung vs Bhayangkara FC

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Hasil Liga 1 pada Kamis 28 Maret 2024 melibatkan dua pertandingan. Yang pertama adalah Persib Bandung vs Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024