Atasi Banjir Jakarta, Jokowi Dorong Pembangunan Waduk Ciawi

Banjir di Kampung Melayu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, meminta pemerintah pusat mendorong pembangunan beberapa waduk penampungan air di luar wilayah DKI Jakarta demi menghambat laju air masuk ke ibu kota saat musim hujan tiba.

Jokowi mengatakan, waduk bisa menjadi salah satu solusi masalah banjir Jakarta. Untuk itu Jokowi meminta waduk segera dibangun di Ciawi, Jawa Barat. Namun pembangunan waduk punya kendala utama, yaitu ketidaktersediaan lahan.

“Itu tadi menjadi topik pembicaraan (Jokowi dan Wapres Boediono). Pemecahannya dibicarakan secara konseptual,” kata Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto di kantor Wapres, Jakarta Rabu 16 Januari 2013, usai pertemuan antara Jokowi dan Boediono.

“Mengenai lahan untuk Waduk Ciawi, nanti perlu dibahas dengan Kementerian Pekerjaan Umum,” ujar Kuntoro. Dalam pertemuan dengan Wapres, Jokowi juga melaporkan situasi banjir dan genangan air yang tersebar hampir merata di seluruh wilayah yang berada pada jalur Sungai Ciliwung.

Salah satu upaya yang akan digagas dalam waktu dekat untuk mengatasi banjir Jakarta adalah membuat sodetan antara Kali Ciliwung dan Kanal Banjir Timur, sehingga air yang datang dari Bogor bisa dialirkan ke situ.

Wakil Presiden Boediono menyambut baik sejumlah rencana Pemprov DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah-masalah di ibukota. “DKI Jakarta adalah wajah kita. Pemerintah pusat tidak mungkin lepas tangan. Dengan batas-batas yang kami miliki, kami akan membantu maksimal upaya pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi berbagai permasalahan kota,” kata Boediono.

Menurut Boediono, di masa lalu sudah ada sejumlah kerja sama yang dijalin antara kantor Wakil Presiden dan Pemprov DKI yang kini bisa dimaksimalkan. Boediono sempat berseloroh, anggaran DKI Jakarta bahkan melebihi anggaran sejumlah kementerian di bawah pemerintah pusat. (adi)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024