Kronologi Penyerangan Jurnalis di Depan Kantor Nasdem

Bendera Partai Nasdem.
Sumber :
  • Antara/ Yusran Uccang

VIVAnews – Aksi damai yang digelar di depan kantor Nasdem atas kasus Luviana, jurnalis Metro TV yang di-PHK sepihak, berakhir ricuh. Baik demonstran maupun wartawan yang meliput peristiwa demo menjadi korban kekerasan.

Koordinator Aliansi Metro (Melawan Topeng Restorasi), Kustiah, yang ikut dalam aksi itu membeberkan kronologi kejadian. Pukul 13.00 WIB, sekitar 19 massa dari aliansi Metro melakukan aksi di depan kantor Nasdem. Pukul 14.10 WIB, sekitar 30 orang keluar dari kantor  Partai Nasdem dan langsung menyerang massa yang sedang berorasi.

“Mereka mengobrak-abrik, menghancurkan mobil, menghancurkan semua perangkat aksi yang ada di mobil. Massa yang berhamburan dikejar, dan wartawan yang meliput dilarang mengambil gambar, termasuk siapa pun yang mengambil gambar dengan BlackBerry,” kata Kustiah di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 16 Januari 2013.

Perangkat aksi yang dihancurkan itu antara lain mobil komando, megaphone, alat-alat musik, tape, dan mikrofon. “Mobil komando bahkan sempat akan digulingkan dan dibakar, namun sekitar 5 polisi berhasil mencegahnya,” ujar Kustiah.

Luviana adalah jurnalis Metro TV yang telah bekerja selama 10 tahun di perusahaan media milik Surya Paloh itu. Dia dibebastugaskan pada 30 Februari 2012 dan di-PHK pada 27 Juni 2012 tanpa keterangan jelas. Tanggal 5 Juni 2012, Luviana yang didampingi tim litigasi dan nonlitigasi Aliansi Metro, bertemu dengan Surya Paloh.

Pada pertemuan tersebut, Surya Paloh berjanji akan mempekerjakan Luviana kembali di Metro TV. Namun, pada 27 Juni 2012 Luviana justru menerima surat pemecatan. (umi)

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap
Balai Kota Ho Chi Minh, Vietnam

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Negara dengan spot seru yang lengkap, Vietnam punya segalanya lho! Makanya cocok banget buat solo traveling. Berikut alasan kenapa Vietnam asyik banget buat liburan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024