Jokowi Siap Luncurkan Kapal Laut Marunda ke Muara Baru

Warga Korban Banjir Mulai Tempati Rusun Marunda
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
- Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan uji coba transportasi air yang melintasi Kanal Banjir Timur hingga ke laut Muara Baru. Uji coba akan dilakukan dalam dua pekan ke depan. Angkutan ini diadakan untuk mempermudah transportasi warga yang bermukim di Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan transportasi laut disiapkan juga untuk mengurangi beban lalu lintas di darat. Dua unit kapal disiapkan untuk uji coba. "Nanti dua kapal dulu disiapkan, untuk transportasi dari Marunda sampai Muara Baru," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 31 Januari 2013.
Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini


Selama uji coba, penumpang tidak akan dikenai biaya alias gratis. "Tarif sementara belum, karena perintisan. Jadi gratis dulu, nanti kalau sudah jadi bisnis baru jalan dan bayar," katanya.


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menambahkan, dua kapal dengan daya angkut 30 penumpang itu akan bolak balik mengangkut penumpang. "Sekitar Maret nanti baru akan kami tambah dua lagi, jadi ada empat kapal," kata Pristono.


Menurut Pristono, saat ini instansinya telah menyiapkan sebuah dermaga di Muara Baru dan Marunda. Untuk di Marunda, posisi dermaga tidak terlalu jauh dari Rusun Marunda, sehingga warga rusun yang bekerja di laut Muara Baru dapat menjangkau dengan mudah. "Jarak dari rusun ke dermaga hanya 800 meter. Warga bisa mengaksesnya dengan mudah."


Jika menggunakan transportasi darat, dari Marunda menuju Muara Baru membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, sementara dengan kapal lebih efektif yakni hanya 30 menit. "Lewat air hanya 17 kilometer. Akan diuji coba dengan dermaga yang akan ploting dermaga apung dipasang di Marunda," kata dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya