Bakal Ada Waterway di Jakarta Timur

Jalur sepeda di Kanal Banjir Timur, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menghidupkan kembali transportasi air seperti waterway pada masa Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Rencananya, Kanal Banjir Timur akan dijadikan sebagai jalur transportasi air.

"Kami ingin memperkuat transportasi laut dari pinggiran pantai yang di Jakarta dari Kanal Banjir Timur Marunda hingga Muara Baru," ujar Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, Jumat 1 Februari 2013.

Ia mengatakan, transportasi air dari KBT Marunda sampai Muara Baru ini akan diuji coba dua pekan mendatang. Bila uji coba berhasil, maka akan diperpanjang lagi hingga ke sepanjang KBT Duren Sawit.

"Nanti kami akan bangun dari Duren Sawit, kemudian di Cipinang, dan beberapa lokasi strategis di KBT seperti semacam shelter bagi warga yang akan naik kapal di sana, jadi bisa naik turun," katanya.

Pristono menambahkan, untuk memudahkan akses warga Rusun Marunda, dishub telah menyiapkan sebuah dermaga di Muara Baru dan Marunda. Dari rusun, jaraknya tidak lebih dari 1 kilometer.

"Kebetulan ada KBT, akan dibuatkan dermaga, tinggal jalan 800 meter, langsung diantarkan ke Muara Baru, atau bisa juga sampai Muara Angke," katanya.

Dua unit kapal dengan kapasitas 30 penumpang disiapkan untuk uji coba ini. Selama uji coba, penumpang tidak akan dikenai biaya alias gratis. (adi)

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024