METRO

Panggil Kadis PU, Ahok Bahas Alih Fungsi Waduk Pluit

DKI berencana melakukan refungsionalisasi sejumlah kali di ibu kota.

ddd
Rabu, 20 Februari 2013, 11:50 Eko Priliawito, Dwifantya Aquina
 Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Manggas Rudi Siahaan
Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Manggas Rudi Siahaan (Dwifantya Aquina/ VIVAnews)
VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI, Manggas Rudi Siahaan, untuk membahas konsep pengembangan Waduk Pluit di Jakarta Utara. Pemprov DKI berencana melakukan refungsionalisasi sejumlah kali di ibu kota.

Salah satu kali yang sedang direfungsionalisasi saat ini adalah Kali Pakin. Kali ini dipilih sebagai kali percontohan dan akan perbaiki fungsinya. Kali ini letaknya berdekatan dengan Waduk Pluit.

"Kali Pakin itu direfungsionalisasi dari garis sepadan kali bagian kiri dan kanan. Ada jalan inspeksi yang bisa dimanfaatkan Damkar, peningkatan perbaikan sungai dan jalan inspeksi ini bisa untuk mengurangi kemacetan lalu lintas," kata Kadis PU DKI Manggas di Balaikota DKI Jakarta, Rabu, 20 Februari 2013.

Setelah kali Pakin, menurut Manggas, sejumlah kali lainnya di lima wilayah Jakarta juga akan direfungsionalisasi sesuai dengan fase tata ruangnya. Pengerjaan pengerukan kali ini dilakukan oleh pihak swasta bersama dengan Pemprov DKI.

Ia mengatakan, dengan adanya perbaikan fungsi kali ini, maka bangunan-bangunan yang berada di bantaran kali yang  melanggar aturan akan segera ditertibkan.

"Nanti semua dilihat, kan ada LRK-nya. Kemudian lihat bagaimana IMB mereka, kalau ada pelanggaran-pelanggaran nanti kita urus," tuturnya.

Perbaikan jalan

Selain membahas refungsionalisasi kali, dalam pertemuan itu Manggas juga memaparkan rencananya terkait perbaikan jalan provinsi. Dinas PU DKI, kata dia, saat ini tengah berkonsentrasi dengan laporan jalan rusak dari masyarakat, salah satunya laporan melalui media sosial.

"Laporan melalui twitter itu sudah berfungsi, sekarang sudah banyak kan followernya. Memang saya tanya Kasudin, bagaimana kemampuan mereka masing-masing untuk perbaikan jalan. Mereka menyatakan sanggup dalam 3x24 jam untuk mengatasi," tuturnya.m

Manggas menuturkan petugasnya akan lebih dulu mengecek laporan masyarakat ke lapangan. "Apabila bisa ditangani, langsung ditangani, kalau kerusakannya besar, akan kita programkan." (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
samasaja
20/02/2013
OK. Tapi soal ancol jangan diungkkit2. Boss nya khan kasih bantuan besar sampe ane jadi wakil DKI2 nih????
Balas   • Laporkan
ironhide | 20/02/2013 | Laporkan
Ngga nyambung ente.. Pasukan nasi bungkus Fokemon ya?


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com