Lika-liku Ibu Pencari Anak yang Diculik

Amelia Kili Kili
Sumber :
  • VIVAnews/Siti Ruqoyah

VIVAnews - Amelia Kili Kili, 40, ibu kandung Ayuna Safitri, gadis berusia 16 tahun yang diculik seorang perempuan, mendatangi Polda Metro Jaya untuk mengetahui proses penyelidikan terhadap putri pertamanya itu, Kamis 14 Maret 2013.

Sejak dilaporkan 24 Februari lalu, kata Amelia, kepolisian sama sekali belum mengabarkan kemajuan. Padahal dia mengaku sudah proaktif memberitahu kepada penyidik jika nomor telepon anaknya itu masih aktif.

Amelia juga sudah mendatangi Komisi Nasional Perlindungan Anak untuk meminta bantuan agar anaknya cepat kembali dalam pelukannya. "Sesuai dengan laporan saya ke komnas PA, saya diarahkan ke Polda dan dibuatkan sketsa wajah penculik anak saya itu," kata Amelia, Kamis.

Penyidik dari Unit V, Subdit Reserse Mobil Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyanggupi membuat sketsa wajah. Kemungkinan dalam waktu satu atau dua hari bisa dilaksanakan.

Menurut Amelia, pada Senin 11 Maret, dia juga sempat mendatangi penyidik untuk memberikan ciri-ciri pelaku yang membawa kabur anaknya yakni
perempuan berrambut oval sepundak, poni dijepit, mukanya agak jerawatan, kurus, dengan tinggi badan sekitar 158 cm.

Selain melaporkan kepada kepolisian, Amelia juga meminta bantuan dari spiritual untuk melihat keberadaan anaknya.

Amelia menyayangkan sikap kepolisian yang tidak merespons informasi dari dirinya untuk melacak anaknya melalui nomor telepon. Dia sudah mendatangi salah satu provider untuk membuka data, tetapi tidak diberikan karena harus pihak kepolisian yang meminta dalam proses penyelidikan.

Banyak pemerasan

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Amelia mengaku selama ini sering mendapatkan pesan singkat atau telepon dari orang yang tidak dikenal, memberitahukan bahwa anaknya yang hilang sedang berada di bawah pengaruh orang tertentu.

Tetapi, kebanyakan meminta sejumlah uang dan pulsa baru kemudian diberitahui keberadaan anaknya. "Ada yang menghubungi, ada yang minta kirim kami pulsa dan meminta uang," katanya.

Amelia berharap, anaknya segera ditemukan dan tidak menjadi korban perdagangan anak. Saat terakhir di rumah, Ayu menggunakan baju hitam, celana biru membawa payung biru. Tidak bawa tas, dan hanya bawa handphone. (umi)

Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024