Jokowi 'Pimpin' Penggusuran Bangunan Bantaran Kali Pakin

Jokowi tinjau penggusuran Kali Pakin
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat
VIVAnews
PDIP Akui Nominasikan Risma di Pilkada DKI tapi Bukan Satu-satunya Kandidat
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, meninjau rumah penduduk yang digusur untuk dijadikan jalan inspeksi alat berat untuk normalisasi Kali Pakin di Penjaringan, Pluit Selatan, Jakarta Utara. Pembongkaran dilakukan sejak 15 Maret lalu.

Iran Tutup Fasilitas Nuklir, PBB Duga Peristiwa Menyeramkan Ini Bakal Terjadi

Menurut Jokowi, normalisasi kali tersebut harus dipercepat karena harus berpacu dengan banjir. Kata dia, saat ini banyak endapan tanah dan sampah yang mengakibatkan Kali Pakin menjadi dangkal, tetapi alat berat tidak bisa masuk langsung ke lokasi karena banyak rumah warga.
The Titans Pecat Sang Vokalis, Rezcky Purba


"Kalau tidak melakukan aksi secepat mungkin lagi kejar-kejaran dengan banjir. Sehingga kami lakukan proses ini," kata Jokowi di Penjaringan, Jakarta Utara, Senin, 18 Maret 2013.


Rumah warga yang dibongkar akan dijadikan jalan tembus alat-alat berat seperti ekskavator untuk masuk ke lokasi pengerukan. Dia mengatakan  warga sudah menyetujui pembongkaran tersebut.


"Inspeksi ini agar alat besar seperti ini bisa masuk kalau tidak bagaimana mau mengeruk sungai oleh sebab itu ada jalan inspeksi sehingga kami tertibkan, dan jalan inspeksi bisa digunakan untuk jalan tembus. Bisa masuk alat-alat berat. Kalau tidak nantinya kan bajir terus," ujarnya.


Selain itu, Jokowi meminta bangunan di Jakarta digunakan sesuai peruntukannya dan bisa bermanfaat bagi masyarakat lain. Pemerintah harus memiliki ketegasan agar pembangunan di Jakarta bisa terkontrol.


"Kami akan lakukan sesuatu yang baik untuk Jakarta. Inspeksi ya inspeksi harus tegas harus jelas ini kalau untuk jalan ya untuk jalan. Kalau untuk inspeksi yah inspeksi untuk rumah yah silakan untuk rumah," kata dia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya