Usai Kebakaran Setneg dan MA, Kemenkeu Gelar Simulasi

Simulasi Pemadaman Api Saat Terjadi Kebakaran
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas
- Kementerian keuangan gelar simulasi penanganan dan evakuasi saat terjadi kebakaran di dalam gedung. Simulasi dilakukan di gedung Dhanapala, salah satu gedung di kompleks kementerian keuangan.

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Kiagus Ahmad Badaruddin, mengatakan simulasi ini secara rutin memang sudah sering dilakukan oleh kementerian keuangan. Hal ini bentuk dari antisipasi dini.
Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan


"Nanti akan kita buat dua kali setahun," ujarnya di kompleks kantor kementerian keuangan, Jakarta, Kamis 28 Maret 2013.


Dia mengatakan selain untuk memastikan sistem keamanan gedung beroperasi dengan baik, simulasi ini juga bertujuan untuk membangun kewaspadaan para pegawai jika terjadi musibah tersebut.

"Iya ini pegawai semua yang terlibat biar terbiasa," tambahnya.


Direktur Jenderal Anggaran kementerian Keuangan, Herry Purnomo memastikan sistem peringatan dini atau alarm gedung Dhanapala yang menjadi kantornya dan pengadilan pajak tersebut berfungsi dengan baik.

"Hydrannya juga sekalian kami cek-cek semua mengantisipasi saja," ungkapnya.


Dia menegaskan, simulasi ini dilakukan tidak secara khusus dikarenakan belajar dari kebakaran yang menimpa kompleks istana tepatnya gedung Sekretariat Negara beberapa waktu yang lalu.


Sementara itu Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Subejo yang memimpin langsung simulasi tersebut, mengapresiasi keinginan kemenkeu untuk melakukan secara rutin simulasi ini.


Menurutnya gedung-gedung di kompleks kementerian keuangan ini termasuk yang memiliki manajemen pengelolaan dan pengamanan yang baik. "Kami dari sisi penanganan dan ada perpaduan dengan fire dril yang dilakukan oleh internal, saya sangat apresiasi," katanya.


Menurut dia, kegiatan simulasi sudah sering dilakukan khususnya pada gedung -gedung pusat belanja dan gedung pemerintahan. Salah satunya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Seperti diketahui, selain membakar lantai 3 gedung Sekretariat Negara pada 21 Maret lalu, api juga melalap ruang kerja hakim agung di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat pada Rabu 27 Maret 2013.


Setelah kebakaran terjadi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan akan segera melakukan audit gedung-gedung yang ada di Ibu Kota. Audit bangunan tersebut meliputi fasilitas kebakaran dan yang berkaitan dengan banjir.  (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya