Cara Polisi Atasi Premanisme di Ibu Kota

Preman ditangkap polisi di Tangerang
Sumber :
  • ANTV

VIVAnews - Aksi premanisme di Ibu Kota kian meresahkan. Mulai dari meminta uang lebih saat memarkir kendaraan hingga mengintimidasi warga terkait pengamanan lahan kosong. Guna mengatasi masalah ini, Polda Metro Jaya membuat program khusus peduli pengangguran.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, mengungkapkan, penyebab munculnya preman adalah karena kurangnya lapangan pekerjaan, sehingga warga mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang dengan mudah.

Menurut dia, Polda Metro Jaya memiliki beberapa program untuk menerapkan disiplin masyarakat, yakni 'Polisi Peduli Pendidikan', dan Polisi Peduli Pengangguran'.

Dia mengaku saat ini semua program sudah berjalan hampir di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya. Misalnya di Polres Jakarta Selatan, yang pada akhir 2012 lalu mengadakan penyaringan warga yang menganggur untuk mengikuti kursus pendidikan.

"Mereka mendapatkan kursus teknik di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) selama tiga bulan, setelah itu direkomendasikan ke perusahaan yang berminat," kata Rikwanto, Kamis 11 April 2013.

Dijelaskan Rikwanto, selain memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang lapangan pekerjaan, program peduli penganguran ini juga mengantisipasi tingginya tingkat kriminalitas yang dilakukan oleh para pengangguran dan preman.

Berdasarkan hasil pendataan, didapatkan hampir 60 persen pelaku tindak kejahatan yang ditangkap tidak memiliki pekerjaan tetap. "Maka dari itu kami nilai, berkurangnya pengangguran di Jakarta dapat mengutangi jumlah preman yang berinisiatif untuk melakukan kejahatan," ujar Rikwanto. (umi)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024