Ikut UN di Polres, Tahanan Narkoba Ini Yakin Lulus

F, tahanan kasus narkoba ikut UN di Polres Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Taufik Rahadian

VIVAnews - Mengenakan baju tahanan warna oranye, F (18), tampak serius mengerjakan soal Ujian Nasional di ruang binaan Polres Jakarta Timur, Senin, 15 April 2013. Pandangannya fokus menatap lembar soal Bahasa Indonesia. Dia tekun menghitamkan jawaban dengan pensil.

F merupakan siswa salah satu SMK di Jakarta Timur yang sedang tersandung kasus penyalahgunaan narkoba.

Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti Polres Jakarta Timur, Komisaris Suharto, mengatakan ada dua siswa lainnya yang mengikuti ujian di kantornya. "Seharusnya tiga siswa yang ikut ujian. Namun untuk dua siswa itu, besok pagi digelar ujiannya," kata Suharto.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Berdasarkan pantauan VIVAnews, F mulai mengerjakan soal ujian dari pukul 08.30 WIB hingga 10.30 WIB. Seharusnya ujian dimulai pukul 7.30 WIB. Menurut Suharto, keterlambatan tersebut karena pihak sekolah terjebak macet saat akan mendistribusikan soal ke Polres. Dalam mengerjakan soal, F diawasi oleh dua orang guru dari sekolah serta satu orang pengawas independen.

Suharto menambahkan, selama dalam masa tahanan, F tetap mendapat haknya untuk memperoleh pendidikan. Guru dari sekolah yang bersangkutan rutin mendatangi tempat tahanan, guna memberikan materi sebagai bekal menjelang ujian.

"Biasanya hari Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Dimulai dari jam 9 pagi. Untuk durasi itu menyesuaikan dengan kebutuhan anak," ucapnya.

Ketika ditemui selepas mengerjakan ujian, F menjelaskan bahwa soal yang diberikan cukup sulit. "Susah banget, setiap mengisi soal saya baca Bismillah," ujar F. Meski demikian, F merasa yakin akan lulus. Dia berencana meneruskan ke jenjang perguruan tinggi. "Kuliahnya di mana saja, yang penting kuliah," kata F. (umi)

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi.

Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya

Viral video dinarasikan pengemudi Pajero yang merupakan polisi menabrak Avanza milik warga lantaran saldo e-Tol habis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024