METRO

Tak Mau Tanggung Jawab, Jokowi Tolak Tandatangani Proyek MRT

"Saya tidak punya banyak waktu untuk mengawasi proyek MRT."

ddd
Senin, 22 April 2013, 15:38 Desy Afrianti, Eka Permadi
Maket MRT Jakarta
Maket MRT Jakarta (MRT Jakarta)

VIVAnews - Pelaksanaan proyek Mass Rapid Transit (MRT), tinggal menunggu tanda tangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Tapi, Jokowi menolak menandatangani karena tidak mau bertanggung jawab mutlak atas proyek tersebut.

"Saya belum mau tanda tangan. Saya tidak mau nanti semua tanggung jawab mutlak ada di Gubernur. Kalau saya tanda tangan, ya saya tidak usah jadi Gubernur, jadi Direktur Utama BUMD saja," kata Jokowi, di Balai Kota Jakarta, Senin 22 April 2013.

Menurut Jokowi, yang paling tepat menandatangani surat itu adalah Direktur Utama dari BUMD terkait. Direksi MRT ini yang nantinya melaksanakan penuh proyek tersebut. "Sebagai pemimpin Jakarta, saya tidak punya banyak waktu untuk selalu mengawasi proyek MRT. Masih banyak yang harus saya urusi tiap hari," ucap mantan Walikota Solo itu.

Surat pernyataan tanggung jawab mutlak merupakan syarat yang diberikan Kementerian Keuangan guna pencairan dana hibah dari Pemerintah Pusat. Poin dalam surat ini, Gubernur diminta memberikan pernyataannya sebagai pengguna dana hibah. Gubernur bertanggung jawab penuh atas penggunaan dana.

Pertanggungjawaban meliputi kebenaran penetapan, dan perhitungan biaya serta penggunaan dana hibah. Jika terjadi kesalahan, Gubernur wajib bertanggung jawab mengembalikan ke kas negara. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
tobings
23/04/2013
JAKARTA TIDAK PERLU MRT!!! BUANG-BUANG UANG AJA TUH...DENGAN DANA YANG SAMA ANGKUTAN MASAL MURAH DAN MANUSIAWI BISA MELAYANI SELURUH JABOTABEK!!!
Balas   • Laporkan
araandara
22/04/2013
Jangan cuma rencana doank diumbar pak jokowi, begitu diminta ttd langsung protes.. Kalau gak mau kacau, harus dikawal proses MRT nya. Lha apa guna semua eselon 1-5 di Pemda DKI pak? emank semua bawahan gak ada yg bisa dipercaya? atau paranoid?
Balas   • Laporkan
apa_aja
22/04/2013
bukannya semua pembangunan yg digarap itu tanggung jawab gubernur?
Balas   • Laporkan
predy
22/04/2013
seharsnya brani tnda tngn dan brani bertnggung jawb,klo kyak gni mana mungkin proyek bgus ini bsa jlan.klo emng bner2 pya niat tuls menuntaskan masalh kemacetan harsnya brani dong pak. kan bpak jga yg gencar am proyek MRT ini..ayo jokowi bisa!
Balas   • Laporkan
tobings | 23/04/2013 | Laporkan
MRT proyek bagus???? Mahal dan buang2 uang iya...!!
petogogan
22/04/2013
Kelihatan Belangnya (Kata Pak Aris)....
Balas   • Laporkan
nirwana15
22/04/2013
hmm memang repot pak kalo bertanggung jawab penuh, orang lain korup bpk yang babak belur, saya jadi sedikit bisa membaca bapak mengenai hal resiko dan membandingkan dgn beberpa pemimpin yg kalo sdh memutuskan akan di bela sampai akhir
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com