Eksekusi Susno, Polda Metro Turunkan 40 Personel

Mantan Kabareskrim, Komjen (Purn) Susno Duadji.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Pol. Putut Eko Bayuseno mengatakan jajarannya ikut mencari mantan Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal (purn) Susno Duadji. Untuk melacak keberadaan Susno, penyidik menggunakan Cyber Crime Investigation Satellite.

"Saya yakin dengan menggunakan alat ini bisa terlacak keberadaannya," ujar Putut, Selasa 30 April 2013.

Menurut Putut, hal ini didasarkankan pada perintah Kapolri Jenderal Timur Pradopo, yakni agar petugas dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ikut mencari keberadaan Susno dan turut mengamankan saat eksekusi. Jumlah personel yang diturunkan sekitar 40 orang. "Yang pasti kami tidak takut menangkap dia," kata Putut.

Sebelumnya, kejaksaan gagal mengeksekusi mantan Kapolda Jawa Barat itu karena yang bersangkutan dilindungi Polda Jawa Barat, Rabu malam lalu. Ketika itu, perlindungan atas terpidana kasus korupsi itu direstui Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Kapolri berargumen siapapun berhak meminta perlindungan polisi jika merasa terancam. Tak hanya Susno. "Kalau ada orang di dalam tahanan diancam dan diteror, masak polisi membiarkan dan tak mengamankannya?" kata Kapolri dalam konferensi pers bersama Jaksa Agung di Mabes Polri, Jakarta beberapa waktu lalu.

Perlindungan itu, menurut Timur, terkait juga dengan keterlibatan elemen masyarakat lain di lokasi ketika tim jaksa gabungan hendak membawa paksa Susno ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung.

Ramalan Zodiak Sabtu 30 Maret 2024, Aries: Terjadi Kesalahpahaman dengan Pasangan

Susno merupakan terpidana 3,5 tahun penjara dalam kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat.

Dalam jumpa pers yang sama, Jaksa Agung Basrief Arief membenarkan ucapan Kapolri. Basrief menilai, eksekusi atas Susno lebih baik dijadwalkan ulang. Kalau dipaksakan Rabu kemarin, Basrief khawatir malah menimbulkan masalah baru. Di sisi lain, imbuhnya, tim jaksa eksekutor pun ketika itu sudah kelelahan. (kd)

Duel Arsenal vs Manchester City

Prediksi Premier League: Manchester City vs Arsenal

Duel Manchester City vs Arsenal dalam lanjutan Premier League matchday ke 30 di Stadion Etihad, Minggu 31 Maret 2024, pukul 22.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024