Demo May Day, 150 Ribu Buruh Kepung Jakarta

Demo Buruh Tolak BBM Naik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan
- Presiden Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI), Said Iqbal, menyebut sedikitnya ada 150 ribu buruh yang ikut meramaikan peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta hari ini, Rabu 1 Mei 2013. Menurutnya para buruh itu datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek, Karawang dan Banten.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Dari 200 ribu buruh yag diperkirakan turun, yang sudah konfirm ada 150 ribu dari MPBI. Rencananya 1 juta buruh di 22 provinsi di Indonesia akan turun, tapi yang konfirm baru 600 ribu buruh," kata Said.
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana


Aksi ini akan dimual dari Bundaran Hotel Indonesia dilanjutkan long march ke Istana, DPR dan enam kantor kementerian. Sementara itu 85 ribu termasuk tiga presiden buruh akan tetap berada di depan Istana Negara hingga pukul 18.00 WIB.


Menurutnya, pengamanan internal dari brigade dan garda metal juga ikut membantu mengamankan aksi unjuk rasa May Day ini.


Andi Gani Nenawea, salah satu presiden MPBI menambahkan, pihaknya telah memberikan instruksi yang jelas kepada anggotanya untuk tidak melakukan pemblokiran di jalan tol. Serta menjamin tidak akan anarkis.


"Semua sudah kami pastikan tidak melakukan perbuatan melawan hukum. Ini adalah aksi damai. Juga ada aksi dari buruh di luar kami, yang mudah-mudahan berjalan lancar juga," kata dia.


Kapolda Metro Jaya, Inspketur Jenderal Putut Eko Bayuseno, menjelaskan buruh di luar MPBI yang sudah mendaftarkan melakukan aksi hari ini berjumlah 35 ribu orang. Mereka melakukan kegiatannya dengan cara zikir bersama dan juga bakti sosial. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya