Demo May Day, 2 Koridor Transjakarta Stop Operasi

Liburan tahun baru di Ragunan
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
- Demo peringatan Hari Buruh atau lebih dikenal dengan May Day di Ibu Kota, Jakarta, Rabu 1 Mei 2013 mengakibatkan dua koridor Transjakarta berhenti operasi. Dua koridor yang dihentikan operasinya yakni koridor I jurusan Blok M-Kota dan koridor IX Pinangranti-Pluit.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Menurut Kepala Unit Pelayanan Transjakarta, M Akbar, hari ini, operasional dua koridor itu dihentikan sementara karena massa sudah memadati Bundaran HI dan Jalan Gatot Subroto, sehingga jalur tidak bisa dilintasi.
Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan


Disampaikan Akbar, penghentian sementara operasional bus ini dilakukan sejak pukul 10.00 WIB. Sebelumnya petugas Transjakarta telah melakukan pengalihan arus. Namun hal tersebut kini tidak bisa dilakukan lagi karena buruh semakin banyak.


"Kami sudah lakukan pengalihan sebelumnya. Sebetulnya tetap beroperasi sejak pagi tadi. Tapi karena buruh semakin banyak kami putuskan untuk dihentikan sementara," ujarnya.


Dia mengatakan, untuk mengamankan koridor 1, manajemen mengerahkan sebanyak 50 satuan petugas, yang disebar di titik-titik rawan. Pengamanan di dua koridor tersebut memang sudah diperketat. Sebab berdasarkan informasi yang diperoleh, buruh akan berkumpul di Bundaran HI kemudian long march ke Istana Negara, DPR RI, serta beberapa kantor kementerian.


Pengalihan rute juga dilakukan di koridor lainnya. Koridor II jurusan Harmoni-Pulogadung dialihkan melalui Pasar Baru. "Bus tidak berhenti di Halte Monas, Balai Kota, Gambir, dan Kwitang karena imbas demo di Istana Negara," ujarnya.


Sementara itu, berdasarkan pantau
VIVAnews
, siang iniĀ  Jalan Medan Merdeka Selatan atau tepatnya di depan Balai Kota Jakarta, tidak ada kendaraan yang melintas. Sepertinya para pengendara sengaja menghindari jalur-jalur protokol tersebut. (umi)


Biasanya, arus lalu lintas di jalan ini padat merayap. Sedangkan pada hari ini, taksi dan bajaj pun tidak tampak melewati gedung di mana Jokowi berkantor itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya