KPK Akan Verifikasi Gitar Pemberian Metallica Milik Jokowi

Jokowi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews
Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan verifikasi atas gitar bass milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Gitar itu pemberian dari personel grup band Metallica, Robert Trujillo yang dapat digolongkan sebagai gratifikasi.

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Kepada wartawan, Senin, 6 Mei 2013, Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, akan diverifikasi apakah pemberian itu bernilai konflik kepentingan atau tidak. Setelah tiga puluh hari baru dapat disimpulkan apakah pemberian itu layak diterima atau tidak
Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya


"Johan menjelaskan, dalam perundang-undangan no 30 dan 31 tertera tentang definisi gratifikasi. Pemberian yang bernilai besar wajib dilaporkan maksimal 30 hari setelah pemberian tersebut," katanya.


Ditambahkan Johan, pemberian gitar yang diterima Jokowi itu akan dinilai terlebih dahulu oleh KPK, apakah pemberian itu terkait dengan jabatannya atau tidak.


"Tentu tidak bisa hari ini, maksimal 30 hari setelah ada laporan. Tadi jam 9 pagi saya cek belum ada laporan, nanti saya cek lagi apakah sudah masuk laporannya atau belum," katanya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya