Jokowi: Desember Waduk Pluit Siap Tampung Semua Aliran Sungai

Pengerukan Waduk Pluit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fernando Randy

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Senin 20 Mei 2013, menargetkan pada bulan Desember 2013 mendatang, Waduk Pluit sudah siap menampung semua aliran sungai yang ada di Jakarta.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Menurut Jokowi, Senin 20 Mei 2013, saat ini sedang dilakukan pengerukan secara terus menerus di waduk yang memiliki luas 88 hektare itu. Dengan demikian diharapkan pada Desember mendatang banjir di Jakarta bisa berkurang.

"Sekarang pengerukannya ini yang akan terus dilakukan sehingga nanti pada bulan Desember begitu ada air dari Cideng, Ciliwung, semuanya akan masuk ke waduk ini. Kalau tidak siap lagi, banjir lagi kita," ujar Jokowi di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain itu, Jokowi mengaku tidak ada intimidasi dalam pembongkaran rumah warga di sekitar Waduk Pluit. Kata dia, warga justru ikut membantu pembongkaran bangunan yang ada di sana.

"Dalam pembongkaran ini yang mau bantu kan warga semua. Tidak ada intimidasi, memang di sininya banyak macam-macam kepentingan, kami mengerti, tapi tidak perlu dibesar-besarkan lah. Yang penting solusi bagi warga itu yang penting," ucap Jokowi.

Jokowi juga mengimbau kepada warga agar tidak kaget apabila ke lokasi Waduk Pluit itu banyak alat berat yang datang. Menurutnya, alat-alat berat itu akan digunakan untuk pengerukan Waduk Pluit, bukan untuk membongkar rumah warga. Karena pembongkaran bangunan dilakukan sendiri oleh warga.

"Nanti akan banyak alat-alat masuk ke sini untuk keruk waduk. Tapi alat berat bukan untuk menggusur, jangan salah lagi, ini mengeruk waduk," ujar mantan Wali Kota Solo itu. Berdasarkan pantauan VIVAnews, saat ini di Waduk Pluit ada empat unit eskavator yang digunakan untuk mengeruk waduk. (umi)

Nasabah PNM, Dewi

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

PNM Mekaar tidak harus mensyaratkan agunan dan tidak harus memiliki usaha yang sudah mapan bahkan orang yang baru akan memulai usaha bisa mendapatkan pinjaman.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024