APBD Tambah Rp2,1 Triliun, DKI Fokus Beli Lahan Sengketa

Jokowi dan Ahok Hadiri Rapat Perdana DPRD
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) DKI Jakarta 2013 bertambah sebanyak Rp2,1 triliun dari jumlah sebelumnya Rp49,9 triliun.

Menurut Ahok, Senin 10 Juni 2013, dana tambahan itu akan dialokasikan untuk empat dinas, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan dan Dinas Kesehatan.

Ahok menuturkan, untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kebersihan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menitikberatkan pada pembelian lahan-lahan yang bersengketa dan pembelian alat berat dan truk.

"Kami lagi mintakan pembelian tanah. Kami juga lagi berpikir meminta Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) alat berat, kendaraan bermotor, seperti mobil sampah, bus, atau dump truck," ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta.

Die menjelaskan, Pemprov DKI mengalami hambatan dalam merealisasikan pembelian barang-barang tersebut karena harus melalui beberapa tahapan, salah satunya proses lelang. Padahal, kata dia, semuanya itu sudah ada dalam Rencana Kegiatan Program Pembelajaran (RKPP).

"Yang selalu membuat terlambat penyerapan anggaran karena proses tender menunggu proses sanggahan sehingga uang tidak terserap. Tapi, kalau beli kendaraan bermotor, alat berat, mengapa tidak langsung beli saja, syaratnya di RKPP ada di e-katalog," ucapnya.

Dia berharap uang yang dialokasikan dalam APBD bisa segera disalurkan untuk pembangunan Ibukota. "Kami ingin yang maksimal saja. Ada uang berapa, dipakai saja uang itu," ujar Ahok. (kd)

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024