Tekan Sisa Anggaran, Ahok Usul Beli Kendaraan Operasional Tanpa Lelang

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
VIVAnews
Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan fokus terhadap pengadaan alat berat sebagai salah satu upaya menekan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) pada tahun anggaran 2013.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, rencananya pengadaan alat berat dan kendaraan operasional tidak akan melalui lelang, melainkan dengan pembelian langsung melalui Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM).
Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah


"Kami lagi berpikir meminta ATPM alat berat, sudah ada e-katalog untuk dimasukkan dalam Rencana Kegiatan Program Pembelajaran (RKPP). Sehingga kalau uang kita lebih, bisa langsung beli. Keluarkan Surat Perintah Kerja (SPK), langsung kita beli," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 10 Juni 2013.


Ahok, sapaan Basuki, mengeluhkan lamanya pembelian alat berat dan kendaraan bermotor untuk operasional melalui lelang. Itu kerap kali menjadi penyebab terlambatnya penyerapan anggaran sebab harus menunggu masa sanggah.


"Sehingga uang tidak terserap. Kalau kendaraan bermotor atau alat berat kenapa tidak langsung beli saja. Syaratnya di RKPP ada e-katalog," ujarnya.


Ahok menambahkan, bila beli dump truck atau bus, ATPM biasanya hanya memasukkan sasis, sedangkan karoseri beda lagi. Kata dia, sangat tidak memungkinkan apabila beli sasis dan karoseri ditender dua kali.


"Itu yang membuat penyerapan berjalan lambat. Kami mau dorong ATPM bekerja sama dengan karoseri. Masukan saja daftar harga berapa, taruh di e-katalog, kami tinggal beli," kata dia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya