Jakarnaval Digelar, Ini Rute Pengalihan Lalu Lintas

Jokowi Karnaval Solo
Sumber :
  • Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)
VIVAlife
PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar perhelatan Jakarnaval dalam rangka hari ulang tahun ke-486.  Acara yang diselenggarakan pada Minggu, 30 Juni 2013 besok rencananya akan mengambil rute Jalan Medan Merdeka Selatan (depan Balai Kota), lewat Jalan MH Thamrin sisi timur, dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Acara akan dimulai dari pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, Kepolisian Daerah Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah menetapkan pengalihan arus untuk acara ini," kata kepala Dinas Pariwisata, Arie Budiman, di Balai Kota, Jumat 28 Juni 2013.
Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih


500 Pelajar se-DKI Jakarta akan memeriahkan karnaval ini. Mereka akan menggunakan kostum ondel ondel gaya baru. Para pelajar ini membuat dan mengadopsi ondel-ondel dengan imajinasi sendiri. Mereka  memanfaatkan bahan-bahan ramah lingkungan dalam memproduksinya.


Berikut pengalihan arusnya dalam acara Jakarnaval ini:


1. Pukul 14.00 WIB akan mulai dilakukan penutupan Jalan Medan Merdeka Selatan karena wilayah ini akan digunakan sebagai parkir kendaraan dan peserta karnaval.


2. Untuk Jalan MH Thamrin Sisi Timur (Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Hotel Indonesia) akan dilakukan penutupan mulai pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB.


3.  Untuk pergerakan timur-barat dan barat-timur yang melintasi Jalan MH Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia seperti Jalan Budi Kemuliaan, Jaln Kebon Sirih, Jalan Wahid Hasyim, dan Jalan Kebon Kacang dilakukan penutupan yang sifatnya situasional.  Yaitu ditutup saat karnaval melintas.


4.  Kemudian arus dari Jalan Meda Merdeka Barat menuju Bundaran Hotel Indonesia dilakukan pada saat rombongan karnaval melintas.  Alternatif pergerakan diarahkan melalui Medan Merdeka Selatan sisi utara atau Jalan Budi Kemuliaan).


Selama perhelatan berlangsung akan dilakukan penyesuain waktu operasi Transjakarta.


1. Koridor 1 (Blok M-Kota)

Operasi tetap pada pukul 05.00 WIB sampai 23.10 WIB tapi saat karnaval mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB akan dilakukan perlambatan kedatangan bus.


2.  Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni)

Dilakukan pengalihan jalur mulai pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB dari Halte Harmoni-Pecenongan-Pasar Baru-Pejambon-Kwitang menuju Pulo Gadung.


3.  Pelayanan koridor lainnya normal seperti biasa.


Sebelumnya, Direktur Artistik Jakarnaval 2013, Bambang Besur menjanjikan 3.000 peserta akan ikut ambil bagian di dalam Jakarnaval. Sebagai peserta utamanya adalah sekitar 1.000 masyarakat dan pelajar Jakarta yang mengeluarkan hasil karya kostumnya bertema ondel-ondel.


"Dari sejumlah peserta itu tidak hanya diikuti oleh mereka dari masyarakat Jakarta. Karena kita mengundang komunitas seni dari luar Jakarta seperti kesenian hudoq dari Kalimantan dan kesenian khas Banyumas, " kata Bambang
. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya