Uji Coba Tarif Progresif Commuter Line Lancar

Sosialisasi e-Ticketing Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - PT Kereta Commuter Line Jabodetabek (KCJ) menguji coba sistem e-ticketing dengan tarif progresif hari ini, Minggu 30 Juni 2013. Untuk sistem ini, akan diberlakukan tiga desain kartu elektronik.

"Dan berjalan dengan lancar," kata Humas KCJ, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Minggu 30 Juni 2013.

Sebelumnya, KCJ akan memberlakukan sistem tarif progresif sebagai kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi pada awal Juni 2013. Dalam sistem ini, akan diberlakukan tarif Rp3 ribu untuk 5 stasiun pertama dan Rp1 ribu untuk 3 stasiun berikutnya.

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

KCJ menerapkan sistem ini seiring dengan penggantian kereta ekonomi dengan kereta listrik (KRL) Commuter Line (CL) dan menggantikan sistem satu tarif, yaitu Rp8ribu-Rp9 ribu untuk jarak jauh dan jarak dekat.

Tapi, sayangnya penerapan sistem tarif ini diundur dan baru berlaku pada 1 Juli 2013. Eva menambahkan, penerapan tarif ini hanya berlaku pada penjualan kartu elektronik dan tidak berlaku pada penjualan tiket kertas. Nantinya, anak usaha PT Kereta Api Indonesia ini akan memberlakukan tiga rancangan karcis elektronik.

Desain yang pertama adalah desain kereta CL dengan warna merah, desain kereta CL dengan warna hijau, dan desain tanpa gambar CL dengan tulisan "Single Trip" berwarna emas. "Ketiga kartu ini bisa digunakan untuk perjalanan KRL CL," kata dia.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024