Ahok: Sopir Bajaj Salah Paham Soal Rayonisasi Trayek

Aksi Unjuk Rasa Supir Bajaj di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah Provinisi DKI Jakarta berencana melakukan rayonisasi trayek bagi angkutan bajaj di Jakarta. Rencana ini mendapat kecaman dari para pengemudi bajaj.  Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama berharap, kebijakan itu nantinya tidak menimbulkan salah paham bagi supir Bajaj.

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

"Mereka salah paham, mereka marah kalau dia di Rayon Jakarta Barat, tidak boleh bawa penumpang di Jakarta Utara. Boleh saja, cuma kamu enggak boleh muter-muter cari penumpang. Itu saja bedanya. Kalau bawa penumpang boleh," katanya di Balaikota Jakarta, Senin 8 Juli 2013.

Ahok mengatakan rayonisasi  justru membantu menolong para supir bajaj, Menurutnya dengan sistem ini mereka tidak kehilangan jatah kuota di wilayahnya. Selain tidak boleh mencari penumpang di bukan rayonnya, para supir bajaj juga tidak diperbolehkan untuk ngetem di rayon wilayah lain.

"Sekarang kalau orang ngetem ditempat kamu, kamu marah enggak?. Pasti kamu marah kan. Penumpang kamu kan jadi diambil orang, Jadi sistem rayonisasi ini menolong mereka supaya pembagian jatahnya lebih jelas," ujarnya.

Mantan Bupati Belitung itu meminta para supir bajaj jangan terprovokasi. Dia memastikan apa yang disiapkan pemerintah merupakan dukungan buat para pengemudi bajaj agar bisa beropersi dengan baik.

Ia menduga ada orang yang mencari keuntungan dibalik ketidak tahuan pengemudi bajaj. "Nggak usah salah paham. Ada oknum yang manfaatin. Mereka ingin yang lain-lain," tandasnya.

Sebelumnya puluhan sopir bajaj menggelar aksi unjuk rasa dengan mengepulkan asap dari knalpot bajaj di depan kantor Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 4 Juli 2013. Belasan sopir bajaj itu kecewa terhadap kebijakan rayonisasi bajaj yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Mereka juga menuntut bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama untuk membicarakan kebijakan tersebut.

"Kebijakan ini menyengsarakan para pengemudi dan pengusaha angkutan roda tiga," kata Efendi Siagian di Balai Kota. (sj)

Nikita Willy dan Indra Priawan

Nikita Willy Ungkap Sifat Asli Indra Priawan Sebelum Menikah

Baru-baru ini, Nikita Willy membuat pengakuan yang cukup mengejutkan tentang sifat asli sang suami, Indra Priawan. Dalam sebuah konten video yang diunggah di YouTube

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024