Bulan Ramadan, Jam Kemacetan Jakarta Berubah

Pengendara Mobil Terrjebak macet Saat Unjuk Rasa Buruh
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mencatat akan ada perubahan jam kemacetan saat bulan Ramadan ini. Hal tersebut dikerenakan adanya pergeseran waktu masuk dan pulang kerja yang lebih cepat satu jam dari biasanya.

"Biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa, dari sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Kami harap pukul 19.30 WIB, jalanan sudah mulai lancar," ujar Kepala Bagian Pembinaan dan Operasi Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Budiyanto, Selasa 9 Juli 2013.

Budiyanto menambahkan, pada Minggu pertama puasa, kemacetan diperkirakan akan parah jelang buka puasa, biasanya terjadi karena sebagian besar orang ingin berbuka dengan keluarga di rumah.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengatur lalu lintas.

Sementara itu, kemacetan juga akan terjadi di beberapa Masjid yang diperkirakan akan menjadi pusat aktivitas masyarakat di bulan puasa. Pasalnya warga akan menjalankan ibadah salat tarawih.

"Seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, dan beberapa Masjid lainnya ini akan disiapkan personel untuk mengatur lalu lintas," kata dia.

Ada tiga fase perubahan kemacetan saat bulan Ramadan, yakni Minggu pertama jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat yang akan pulang awal, sementara Minggu kedua, jalanan akan dipadati masyarakat menuju restoran atau tempat makan untuk buka puasa bersama. Dan pada minggu ketiga, akan terjadi kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan karena mendekati lebaran.

Dia melihat, pola ini akan sama setiap tahun, jadi pihaknya sudah melakukan antisipasi-antisipasi untuk meredam kemacetan tersebut. Selain menambah personel dan menempatkannya petugas pada dititik-titik kemacetan tersebut.

"Kami juga melakukan imbauan kepada pusat perbelanjaan untuk tidak membiarkan parkir liar beroperasi dan imbauan khusus akanĀ  dilakukan kepada pengendara untuk bisa lebih tertib dan teratur dalam berkendara," jelas Budiyanto. (adi)

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Mengingap di Hotel Hanya Setengah Harga

Shin Tae-yong

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23. Pelatih Timnas Indonesia U-23 bersikap beda.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024