Warga Blokir Akses SMP 289, Jokowi: Mereka Hanya Minta Uang

Jokowi serahkan bantuan
Sumber :
  • VIVAnews/ Luqman Rimadi
VIVAnews
Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
- Warga Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara memblokir akses jalan menuju Sekolah Menengah Pertama Negeri 289 Cilincing yang baru saja selesai dibangun. Sebanyak 192 siswa yang jadi angkatan pertama sekolah terpaksa ditampung di SD 04 Sukapura.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, sebenarnya kepemilikan lahan itu tidak bermasalah dari status hukum. SMPN 289 Cilincing dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI, hanya akses jalannya saja bukan milik Pemprov.
Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim


"Kami sudah cek di status hukumnya tidak ada masalah. Kalau muncul seperti ini itu di Jakarta itu sudah biasa. Sering terjadi ada satu lahan diklaim empat orang," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Selasa 9 Juli 2013.


Dia akan datang langsung ke lapangan untuk mengkonfirmasi seperti apa yang terjadi sebenarnya. "Masalah lahan kemarin sudah kami cek dari biro hukum tak masalah. Diblokir karena apa belum tahu. Justru saya akan tanya yang blokir," ucapnya.


Biasanya, kata Jokowi, bila ada masalah klaim lahan atau jalan seperti itu, ada oknum yang ingin mengambil keuntungan untuk kepentingan pribadi. Jokowi menduga yang memblokir jalan hanya ingin minta uang.


"Di manapun masalah klaim-mengklaim itu banyak. Waktu dibangun diam saja. Biasanya kalau sudah dibangun mengklaim minta uang. Sekarang kami masih pelajari alasan hukumnya," kata Jokowi.


Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, menambahkan bahwa Pemprov DKI sudah membeli lahan berupa empang dan tanah untuk akses ke sekolah itu.


"Akses itu masih harus dibangun karena berupa lahan padat terus ada juga dari empang atau rawa kemudian beliau memerintahkan kepada PU untuk membuatkan jalan segera sehingga sekolah itu bisa berjalan," ucap Taufik.


Sementara itu, sambil menunggu akses jalan dibuat, kata Taufik, Jokowi akan membujuk warga agar memberikan akses sementara supaya menghadapi tahun ajaran baru sekolah itu sudah bisa digunakan.


"Untuk sementara itu lahan milik orang kami minta kesediaan penduduk dan Pak RW supaya bisa digunakan oleh anak-anak sekolah karena nanti kan mereka masuk tanggal 15 Juli 2013," ucapnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya