Jokowi: Ruang Bawah Tanah Monas Berfungsi Sebagai Pertahanan

Jokowi Tinjau Setu Babakan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan bahwa detailed engineering design (DED) pembangunan di Jakarta ke depannya akan disesuaikan dengan strategi pertahanan dan keamanan negara. Sebab, kata dia, Jakarta merupakan titik vital bagi pertahanan Indonesia.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Menurut Jokowi salah satu contohnya adalah pembangunan basement di kawasan Monumen Nasional karena wilayah tersebut berdekatan langsung dengan Istana Negara. Selain sebagai tempat rekreasi, Monas juga berfungsi sebagai strategi pertahanan.
AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte


"Tahun depan kami akan membuat basement di Monas luasnya hampir 160 hektare di bawah. Fungsi-fungsi strategi pertahanan harus ada di situ. Tidak hanya parkir atau  jualan souvenir. Tapi ada strategi pertahanan," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu 21 Agustus 2013.


Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, pun fungsinya akan dikembalikan supaya selain bisa dipakai sebagai jalan raya, bisa dipakai juga sebagai tempat mendarat darurat pesawat tempur apabila terjadi suatu ancaman keamanan.


Jokowi menuturkan, saat ini di kawasan Kemayoran tidak bisa dijadikan pendaratan darurat pesawat karena adanya fly over atau jembatan layang. Karena itu, jembatan layang tersebut akan diubah menjadi underpass. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya