Naikkan Berat Badan Secara Alami dengan Kacang

Kacang almond
Sumber :

VIVAlife -  Kelebihan berat badan, seringkali menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan tubuh. Tapi bukan berarti tubuh yang terlalu kurus bisa terbebas dari gangguan kesehatan.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Pemilik tubuh kurus biasanya menjadi lebih mudah lelah, kekurangan lapisan lemak yang berfungsi melindungi otot dan tulang, dan kekurangan nutrisi tubuh. Karena itu jika ingin memiliki tubuh yang berisi, asupan makanan yang bergizi dan tinggi kalori menjadi sesuatu yang wajib dikonsumsi.

Menambah berat badan, bukan hanya dapat dilakukan dengan olahraga dan porsi makan yang lebih besar. Tapi juga dibantu melalui camilan yang bergizi. Lupakan keripik kentang, kue cokelat atau gorengan yang tinggi kalori untuk menambah berat badan. Sebaiknya pilih camilan yang kaya protein, seperti kacang-kacangan.

"Makanan sehat yang tinggi kalori seperti kacang, diikuti dengan olahraga dan latihan kekuatan bisa menambah berat badan Anda," ujar ahli nutrisi dan konsultan fitness, Suman Agarwal, seperti dikutip dari iDiva.

Berikut jenis kacang yang dapat membantu menambah berat badan Anda.

1. Almond

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Almond adalah jenis kacang yang paling baik untuk membantu menaikkan berat badan. Almond diketahui kaya akan protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Almond juga dapat membantu mencegah obesitas, penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker. Bahkan apabila dikonsumsi secara teratur, kacang almond dapat meningkatkan intelektualitas pada anak yang dalam masa perkembangan.

"Almond tinggi nutrisi dan mengandung lemak serta protein sehat. Almond juga merupakan sumber serat yang baik, lemak tak jenuh yang baik bagi jantung, protein dengan kualitas yang tinggi, Vitamin E, magnesium, potassium, kalsium, fosfor dan zat besi," ujar Suman.

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsi kacang Almond tetap harus dibatasi. Baiknya, konsumsi kacang almond 6-7 butir per harinya.

2. Walnut

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Walnut atau yang biasa disebut kacang kenari ini memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi,  seperti linoleic acid, alpha-linoleic dan arachidonic acids yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan secara optimal.

Selain itu, walnut juga mengandung nutrisi tinggi untuk membantu menambah berat badan dengan aman dan sehat. Sama seperti almond, walnut juga harus dikonsumsi dengan bijaksana.

3. Kacang tanah

Kacang tanah menjadi makanan ringan yang paling populer. Jika dikonsumsi dengan tepat, kacang tanah dapat membantu Anda menambah berat badan.

"Kacang tanah merupakan sumber protein yang baik yang membentuk asam amino berkualitas baik yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan," kata Suman.

4. Macadamia

Macadamia merupakan sumber Vitamin B1 dan Omega 9 yang baik. Kacang ini juga mengandung magnesium dan mangan yang tidak hanya membantu menaikkan berat badan, tapi juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Biasanya, Macadamia dicampurkan dalam es krim atau isian cokelat. Namun manfaatnya akan lebih maksimal jika dikonsumsi secara mentah atau dipanggang. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya