Gusur Warga Waduk Ria Rio, Jokowi Kirim Surat Peringatan

Rencana Normalisasi Waduk Ria Rio
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menormalisasi Waduk Ria Rio di Kawasan Pulomas, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Warga yang tinggal di bantaran Waduk Ria Rio akan segera direlokasi ke rumah susun Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Camat Pulogadung, Teguh Hendarwan, mengatakan bahwa dia melaksanakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk menerbitkan Surat Peringatan kesatu (SP-1) kepada warga yang tinggal di sekitar Waduk Ria Rio.
Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran


"Sudah diterbitkan kemarin SP1, artinya warga diminta untuk segera meninggalkan lokasi tanah yang akan ditertibkan," kata Teguh Hendarwan di Jakarta, Selasa 27 Agustus 2013.


Menurut Teguh, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memberikan tenggat waktu hingga akhir Agustus 2013 supaya warga sekitar Waduk Ria Rio bersiap-siap meninggalkan tempat tinggalnya.


Kata dia, apabila sampai waktu yang telah ditentukan warga belum meninggalkan Waduk Ria Rio, maka instansinya akan menggusur paksa warga yang tinggal di Waduk Ria Rio.


"Waktunya 3x24 jam, 2x24 jam dan 1x24 jam. Tapi untuk itu kami kasih sampai dengan akhir Agustus. Yang menolak, kami akan ditertibkan dengan, segala risiko menjadi tanggung jawab mereka. Itu konsekuensi dalam surat pemberitahuan itu," kata dia.


Disampaikan Teguh penggusuran itu akan dilakukan secara bertahap. Tahap awal sebanyak 65 kepala keluarga (KK) yang ada di Waduk Ria Rio akan dipindahkan ke rumah susun Pinus Elok.


Menurut Teguh, sebagai jaminan dari pemerintah, nantinya warga dikasih kartu waiting list dari Dinas Perumahan. Begitu warga selesai direlokasi, langsung masuk semua ke rumah susun.


"Untuk relokasi terbatas sementara ini masih tertampung ada 65 unit siap huni di Rusun Pinus Elok, dalam dua bulan ini sedang renovasi untuk dua ratus lebih hunian," kata Teguh.


Teguh menambahkan, selain di rumah susun Pinus Elok,  warga akan ditempatkan di Rusunawa Jatinegara Kaum, Jakarta Timur. Di sana, Dinas Perumahan rencananya membangun sebanyak lima blok Rusunawa untuk warga yang direlokasi dan warga umum.


"Jadi nanti warga Riario ditempatkan di Cakung iya, di Jatinegara Kaum juga. Di sana akan dibangun lima tower lagi," kata Teguh.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya