DKI Siapkan 14 Lahan untuk Pembangunan 500 Rusun

Ilustrasi rumah susun.
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru
VIVAnews
Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyiapkan sebanyak 14 lahan yang akan dijadikan tempat pembangunan rumah susun.  Ke-14 lahan itu ada di empat wilayah DKI Jakarta.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyebutkan penyediaan 14 lahan tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi dari rencana pembangunan 500 rusun dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.
Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen


"Lahannya ada yang punya Pemprov ada yang kita beli. Saya belum tahu, belum cek semua. Yang tidak bisa itu yang ada sekolah, ada yang di belakang makam. Kita harus cek nanti," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa 27 Agustus 2013.


Menurut Ahok, 14 lahan-lahan tersebut kepemilikannya bermacam-macam ada lahan yang menjadi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ada lahan yang milik warga.


Ahok mencontohkan yang ada di Kampung Apung, kelurahan Kapuk, Jakarta Barat, karena bukan dimiliki Pemprov DKI, maka pihaknya harus melakukan negosiasi dengan warga "Ada lahan aset Pemda juga kan. Kampung apung punya rakyat kita musti setuju sama mereka," katanya.


Berdasarkan data yang dimiliki oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi DKI Jakarta lahan yang sudah diinventarisasi untuk lahan rusun itu diantaranya, di Jakarta Barat  di kelurahan Srengseng, kelurahan Semanan, dan kelurahan Rawa Buaya.


Di Jakarta Selatan, lahan yang dikaji ada di wilayah Srengseng (Jagakarsa), Deptan (Pasar Minggu), Manggarai (Tebet), Warung Jati Timur. Kemudian di Cirende yang akan diupayakan menjadi tempat penampungan Kali Psanggrahan.


Kemudian di Jakarta Timur ada di Penggilingan (Cakung), Kebon Pala (Cawang), dan di Penganten Ali (Ciracas). Sedangkan di Jakarta Pusat hanya di dua wilayah, yaitu di Petamburan dan Karet Bivak. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya