Kecelakaan Maut, Polisi Periksa Teman Wanita AQJ

Kondisi mobil yang terlibat kecelakaan maut di KM 8 Tol Jagorawi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior
- Kepolisian masih mengusut kasus kecelakaan maut di Tol Jagorawi dengan tersangka anak musisi Ahmad Dhani AQJ (13). Penyidik memeriksa sejumlah saksi termasuk teman wanita AQJ. Pemeriksaan dilakukan karena sebelum insiden terjadi, AQJ mengantar teman wanitanya itu pulang ke rumah. 

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

"Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui aktivitas AQJ sebelum terjadi kecelakaan. Bagaimana bisa AQJ mengemudikan mobil dan hal lain sebelum kecelakaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Selasa 17 September 2013.
ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah


Hingga kini, polisi sudah memeriksa 18 orang saksi. Saksi yang dimintai keterangan adalah ahli, pegawai jalan tol, Jasamarga, anggota kepolisian, orang tua tersangka, korban di mobil Avanza yang selamat, dan sejumlah warga yang melihat sesudah terjadinya kecelakaan. Hari ini penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap sopir AQJ, Kirman.


Sementara itu, hasil analisa dari Agen Tunggal Pemilik Merek (ATPM) Mitsubisi dan Daihatsu masih diperiksa. Analisa nantinya akan digabungkan dengan hasil olah tempat kejadian untuk mencari penyebab kecelakaan, apakah karena
human error
, lingkungan atau faktor kendaraan. "Semoga minggu ini bisa disimpulkan," kata Rikwanto.


Kecelakaan maut itu terjadi di Tol Jagorawi kilometer 8+200, Jakarta Timur, Minggu dini hari, 8 September 2013. Tujuh orang tewas dan beberapa lainnya luka parah. Mitsubishi Lancer keluaran 2010 yang dikemudikan AQJ, hilang kendali.


Saat itu, AQJ dalam perjalanan dari Cibubur menuju ke Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mobil itu berisi dua penumpang, AQJ, dan temannya.


Kendaraan yang semula berada di jalur dua dari pinggir itu kemudian melaju tanpa kendali ke arah jalur empat yang berada persis di pinggir pembatas tengah jalan tol.


Dalam keadaan kencang, mobil menabrak pembatas besi di tengah tol. Karena terbentur besi pembatas, mobil terbang dan menyerempet sisi kanan belakang Toyota Avanza hitam bernomor polisi B 1882 UZJ yang melaju dari arah berlawanan. Karena pengendaranya mampu mempertahankan keseimbangan, mobil tidak mengalami kerusakan parah.


Namun, nahas tak dapat ditolak oleh mobil Daihatsu Gran Max B 1349 TEN yang berada di sampingnya. Karena tidak sempat menghindar, mobil itu terhantam keras oleh mobil Lancer itu. Tujuh dari 13 penumpang Gran Max meninggal dunia.  (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya