Car Free Day

Bisa Diskusi di Tengah Jalan Raya

VIVAnews - Hari bebas kendaraan bermotor (car free day) hari ini, Minggu 29 Maret 2009, diberlakukan di ruas Jalan Jenderal Sudirman sampai MH Thamrin. Itu sebabnya, polisi menutup untuk sementara ruas jalan mulai Bundaran Senayan sampai patung kuda atau Bundaran Indosat.

Filosofi pemberlakuan hari bebas kendaraan bermotor adalah mengurangi polusi udara di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Hari bebas mobil juga ditujukan untuk menambah hari berudara baik di Jakarta.

Pada 2006, hari berudara baik di Jakarta hanya mencapai 45 hari. Jumlah itu meningkat menjadi 54 hari sampai Juli 2007. Sampai akhir 2007, hari berudara baik ditargetkan mencapai 100 hari.

Berdasarkan pemantauan VIVAnews, sebagian masyarakat memanfaatkan hari bebas mobil untuk melakukan rupa-rupa kegiatan. Tua muda berolahraga, jalan santai, bersepeda santai, rekreasi, sampai berdiskusi di tengah jalan raya. Suatu kegiatan yang mustahil dilakukan di hari-hari biasa di ruas jalan utama Ibukota itu.

Hari bebas kendaraan bermotor dimulai pada pukul 06.00 hingga 14.00. Mobil pribadi dan angkutan umum harus membelok sebelum titik penutupan jalan itu. Di tiap titik, polisi sudah siap menghalau dan menilang para pengemudi yang tidak taat aturan main.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024