Nama Jalan Merdeka Utara dan Selatan Dipastikan Diganti

patung pahlawan nasional MH Thamrin di Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma
VIVAnews
Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya
- Tim 17 yang diketuai oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie berencana akan mengubah nama empat ruas Jalan Medan Merdeka. Empat jalan itu rencananya akan dengan nama pahlawan.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Jimly menuturkan saat ini yang sudah pasti ada nama penggantinya yaitu Jalan Medan Merdeka Utara dan Jalan Medan Merdeka Selatan. Sementara Jalan Medan Merdeka Barat dan Medan Merdeka Timur masih belum ditemukan penggantinya.
Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos


"Merdeka Utara dan Selatan diganti jadi Bung Karno dan Bung Hatta. Kita dua saja dulu karena kaitannya dengan kepahlawanan," kata Jimly di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa 8 Oktober 2013


Jimly menuturkan, penetapan dua nama jalan itu tetap ada di keputusan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Tetapi, kata dia, Gubernur selaku sekretaris pengarah kawasan Monas harus bertemu dulu dengan Menteri Sekretaris Negara.


"Jadi saya sarankan pak GubernurĀ  segera adakan pertemuan dengan mensesneg. Yang dua itu sudah disetujui," kata dia.


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menyebutkan dirinya belum mendapatkan surat untuk keputusan dua nama jalan itu. Apabila suratĀ  tersebut sudah ada, maka dirinya akan segera merapatkan dan memutuskan.


"
Wong
saya belum dapat suratnya. Belum saya dapat suratnya. Kalau sudah, saya rapatkan dan saya putuskan," tambahnya.


Jokowi menambahkan, terkait penamaan jalan itu dirinya akan segera menghubungi sekretaris negara untuk minta penjelasan.


"Nanti ke Mensesneg dulu. Saya mau minta penjelasan siapa yang harusnya memutuskan. Karena ada yang mengatakan Presiden atau Gubernur yang memutuskan. Harus jelas dulu," jelas dia. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya