Tolak Digusur, Halte Transjakarta Dibakar

Halte Transjakarta di Jalan Ngurah Rai dijaga polisi
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya
VIVAnews
Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero
- Ratusan warga yang tinggal di RT 08 RW 012 Buaran, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, membakar halte Transjakarta Buaran, Rabu 9 Oktober 2013 pukul 03.30 WIB. Aksi ini dipicu karena warga menolak rumahnya digusur Satuan Polisi Pamong Praja.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Informasi yang dihimpun VIVAnews, kejadian ini bermula dari rumah yang berdiri di lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya akan digusur pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB. Surat perintah pengosongan rumah juga sudah diberikan kepada seluruh warga yang tinggal di tempat itu.
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga


Warga yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di sana tidak terima untuk pindah ke tempat lain. Sejak malam hari mereka bersiap untuk melawan petugas yang berusaha membongkar rumahnya.


Tepat pukul 03.00 WIB, warga mulai memblokir jalan dengan membakar ban bekas hingga puncaknya bentrok antara warga dan petugas yang sudah berada di lokasi. Warga marah dan langsung membakar halte Buaran. Melihat massa yang sudah semakin vandalis, petugas Polda Metro Jaya meletuskan gas air mata untuk membubarkan aksi mereka.


Maemunah, salah satu warga yang sudah 27 tahun tinggal di kawasan itu, mengaku bingung jika Pemprov menggusur rumahnya. "Saya bingung mau tinggal di mana. Pemerintah menjanjikan adanya kompensasi, tetapi sampai saat ini belum diterima," kata dia.


Saat ini, warga sudah mulai kondusif. Petugas Satpol PP terlihat sudah bersiap untuk membongkar rumah warga. Terlihat juga kendaraan berat untuk menghancurkan bangunan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya