Musim Hujan, Kiriman Sampah ke Jakarta Naik Jadi 504 Ton Per Hari

Kali Krukut
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Meningkatnya curah hujan tidak hanya terjadi di Jakarta. Kondisi ini juga dialami wilayah hulu sungai yang berada di luar Jakarta, seperti Bogor, Depok dan Tangerang. Hujan di hulu ini telah membawa sampah ke sungai yang melintas di Jakarta.

"Musim hujan jumlah sampah yang masuk dari sungai bertambah. Kami harus kerja ekstra buat bersihkan," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, di Balai Kota Jakarta, Kamis 14 November 2013.

Dari catatan Dinas Kebersihan, dalam kondisi normal jumlah sampah di sungai dan saluran air Jakarta yang harus diangkut 420 ton perhari. Semenjak hujan jumlahnya naik hingga 20 persen atau sekitar 504 ton sampah. "Diprediksi jumlah ini akan terus bertambah," ujarnya.

Unu mengaku tidak bisa berbuat apa-apa selain mengangkut kiriman sampah sungai yang berasal dari wilayah penyangga Ibu Kota itu.

Menurutnya, Dinas Kebersihan melakukan pemantauan dan pembersihan sampah di 13 sungai utama, 144 sungai kecil dan 1.085 saluran penghubung, dengan panjang 16 ribu Km di seluruh Jakarta.

Dia mengatakan, sesuai instruksi, Dinas Kebersihan ditugaskan terus menjaga pintu air untuk tetap bersih. Sebab, sumbatan di pintu air akan mempercepat terjadinya banjir.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

"Kami jaga pintu air. Terutama yang di Manggarai. Kondisinya membaik. Kami angkat sampah 10-20 ton perhari dari pintu air Manggarai," ujar dia. (eh)

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024