Nur Mahmudi: Ahok, Urus Saja Daerah Masing-masing

Sumber :
VIVAnews
Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
- Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail, menanggapi dingin pernyataan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Basuki T Purnama, soal Jakarta menerima banjir kiriman dari daerah sekitarnya. Wali Kota yang diusung Partai Keadilan Sejahtera itu menyatakan, urus saja daerah masing-masing.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

“Urus saja urusan masing-masing tidak perlu saya komentari,” ujarnya pada wartawan, Jumat 22 November 2013.
Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan


Tak hanya itu saja, Pemerintah Kota Depok juga dengan tegas menolak pengajuan Pemerintah Provinsi DKI yang berniat membeli lahan di Depok untuk dijadikan waduk atau danau sebagai salah satu langkah upaya penanggulangan banjir di Jakarta.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kota Depok, Wijayanto, mengatakan aturan otonomi daerah melarang hal tersebut. Wijayanto pun menanggapi pernyataan Ahok dengan komentar yang cukup dingin.


“Keperluannya apa beli lahan di daerah lain. Urus saja Jakarta tidak usah urus daerah lain,” tuturnya.


Sebelumnya, Ahok menyebutkan salah satu penyebab banjir Jakarta lantaran Pemerintah Depok seenaknya memberikan izin mendirikan perumahan meski kontur tanahnya tidak tepat. Seperti yang berada diatas Kali Ciliwung.


Menanggapi hal tersebut, Wijayanto mengklaim pihaknya telah melakukan evaluasi dengan memperketat pembuatan izin. "Saat ini kami sudah memperketat izinnya, baik itu dari segi izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan maupun banjir,” kata Wijayanto.


Rabu 13 November lalu, bukan hanya kurangnya kawasan resapan air. Tetapi air kiriman dari luar Jakarta juga menjadi salah satu penyebabnya. Ahok, sapaan Basuki mengaku telah memberikan hibah sebesar Rp5 miliar untuk daerah Bogor, Tangerang, Bekasi dan wilayah penyangga lain untuk membantu normalisasi hulu sungai luar Jakarta.


Ahok yang juga mantan anggota DPR RI itu mengatakan, penanganan banjir Jakarta memang tidak bisa ditangani sendiri. Maka dari itu perlu ada suatu kerjasama dengan wilayah lain termasuk pemerintah pusat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya