Jokowi: Blusukan Itu Mengasah Mata Batin

Jokowi, Megawati dan Puan Maharani
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean
VIVAnews - Blusukan sudah menjadi ciri khas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). Setiap kata itu diucapkan, pikiran akan langsung teruju pada mantan Walikota Solo itu.
Gubernur di Jepang Mundur Setelah Hina Penjual Sayur dan Peternak Sapi

Namun, Jokowi membantah bahwa alasannya sering blusukan karena suka bekerja di lapangan. Ia mengatakan, blusukan itu dilakukannya untuk melatih mata batin.
Akui Kekalahan di Pilpres 2024, Cak Imin Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

"Saya ingin melatih mata batin dan rasa spiritual. Saya bukan suka bekerja di lapangan, tetapi ingin dekat dengan rakyat, mendengarkan masalah mereka," katanya, saat menjadi pembicara dalam seminar yang diselenggarakan Dewan Guru Besar UI di Fakultas Kedokteran, Salemba, Sabtu 30 November 2013.
Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Meski demikian, Jokowi mengaku memang tidak betah berada di kantor. Setiap hari, katanya, hanya di kantor sekitar satu jam. Kadang-kadang, sampai dua jam tatkala rapat. "Saya itu paling tidak nyaman dengan rapat-rapat," keluhnya.

Dalam forum yang sama, Presiden Kelima RI Megawati, yang juga hadir sebagai pembicara, dengan nada yang sama mengatakan bahwa Bung Karno selalu berpesan agar pemimpin selalu turun ke bawah.

"Bapak saya berpesan, nanti kamu jangan berdiri saja di atas mercusuar menara gading jika memimpin," ujar Megawati menirukan ucapan Bapaknya, Presiden Pertama RI, Soekarno.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya