Bus AKAP di Terminal Lebak Bulus Direlokasi

Terminal Lebak Bulus Berhenti Beroperasi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Menyusul akan dilakukannya pembangunan depo dan stasiun Mass Rapid Transit (MRT) membuat terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan akan ditutup. Setelah ditutup, otomatis terminal tersebut tak melayani bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).
Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

"Nantinya, terminal tersebut khusus untuk bus TransJakarta dan angkutan dalam kota. Bus AKAP rencananya direlokasi ke Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulogadung, dan Terminal Pulogebang," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di kantornya, Jakarta, Senin 6 Januari 2014.
Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Terkait hal tersebut, Kepala Terminal Kampung Rambutan, Dwi Basuki mengatakan bahwa proses perpindahan bus AKAP dari Lebak Bulus akan berlangsung pada Selasa pagi, 7 Januari 2014. Hal itu, karena diketahui mayoritas bus AKAP tersebut baru akan tiba sekitar pukul 04.00 atau 05.00 WIB.
Terima Kunjungan LBBP Jepang, Menaker Berharap Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Jepang Meningkat

Terminal Kampung Rambutan pun telah menyediakan lahar parkir bus seluas 4.000 meter persegi. Tempat itu diketahui mampu menampung 100 bus, jurusan Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan sebaliknya.

Relokasi ke Kampung Rambutan, tambah macet?
Dwi juga mengatakan, dengan penambahan 100 bus AKAP dari Terminal Lebak Bulus tak akan berdampak pada kepadatan di Terminal Kampung Rambutan. Kata dia, hanya menambah volume bus dibandingkan volume bus pada saat Lebaran yang mencampai 1.000 per hari.

Diketahui, lokasi tersebut memang kerap terlihat semrawut, itu lantaran banyaknya bus AKAP yang menaikturunkan penumpang sembarangan.

Dwi menambahkan, Pemprov DKI dapat membangun akses langsung dari tol menuju terminal dan sebaliknya. Sebab, dapat memperkecil kemungkinan bus berhenti dan mengangkut penumpang di luar terminal. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya