Jokowi Instruksikan Satpol PP DKI Kawal Pemilu 2014

Jokowi saat peringatan HUT Satpol PP
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya
VIVAnews
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memimpin upacara perayaan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-64 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-52, Kamis, 27 Maret 2014. Apel perayaan dilaksanakan di kawasan Silang Monuman Nasional, Jakarta Pusat.

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Dalam sambutannya, Jokowi meminta Satpol PP untuk siap mengawal Pemilu 2014 ini, membantu polisi dan TNI. Sebab, kata dia, hal tersebut merupakan amanat Menteri Dalam Negeri.
Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora


"Peringatan hari jadi Satpol PP dan Satlinmas menjadi sangat istimewa karena bersamaan dengan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden," kata Jokowi.


Karena itulah, kata dia, apel siaga kali ini diberi tema 'Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mengawal Pelaksanaan Pemilu'.


"Satlinmas dan Satpol PP memiliki tugas pokok dan fungsi antara lain membantu ketertiban jalannya pemilu. Momen tahapan pemilu menjadi sangat penting bagi kita semuanya. Karena perlindungan masyarakat sangat besar," ujarnya.


Jokowi menambahkan, selain memperhatikan faktor keamanan, hal lain yang penting adalah membangun kerjasama dengan warga dan beberapa elemen masyarakat. Sehingga dapat tercipta hubungan harmonis antara Satpol PP dan masyarakat.


"Faktor lain yang diperlukan peran aktif masyarakat melalui tokoh agama dengan prinsip-prinsip kearifan lokal. Hal penting lainnya menyampaikan laporan tertulis kepada Mendagri tentang ketenteraman dan ketertiban masyarakat pada saat dan sesuai pemilu," ucap dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya