Stasiun Terintegrasi Manggarai Mulai Dioperasikan Hari Ini

Terminal Manggarai Usai Direnovasi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Setelah selesai direnovasi, Terminal Bus Manggarai, Jakarta Selatan mulai dioperasikan hari ini, Rabu, 16 April 2014. Terminal yang dibangun bergaya kolonial itu akan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo siang nanti.

"Sekitar pukul 13.00 nanti Pak Gubernur yang resmikan. Jadi hari ini resmi mulai dibuka," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar kepada VIVAnews.

Menurut Akbar, salah satu keunggulan Stasiun Manggarai adalah eskalator penghubung dari terowongan Manggarai, terminal dan langsung terintegrasi dengan halte bus TransJakarta.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Kata dia, Stasiun Manggarai terdiri dari empat lantai. Di lantai dibangun satu aula, kemudian lantai dua food court dan musala. Di lantai tiga tersedia ATM centre dan mini market. "Kalau di lantai empat ada ruang pemantauan," ujar dia.

Sebenarnya, kata Akbar, terminal tersebut sudah diujicoba sejak 3 Maret 2014 lalu. Tujuannya, untuk melatih para sopir Kopaja, Metro Mini, dan Mikrolet agar terbiasa menggunakan jalur yang disediakan. Dia berharap dioperasikannya Terminal Manggarai, maka naik-turun penumpang menjadi lebih teratur.

"Setelah resmi dibuka, nantinya diharapkan turun naik penumpang menjadi teratur. Nanti di terminal lainnya juga akan ada jalur masing-masing untuk Metro Mini, Kopaja dan Mikrolet.

Ada delapan rute angkutan umum yang melintas di Terminal Manggarai, yaitu Metro Mini P62 jurusan Manggarai-Pasar Minggu, Metro Mini P 49 Pulogadung-Manggarai, Metro Mini P 17 rute Manggarai-Senen, Metro Mini P 61 rute Manggarai-Kampung Melayu, Kopaja 66 rute Manggarai-Blok M, Mikrolet M 23 rute Manggarai-Setia Budi.

"Nanti ke depannya juga akan dibangun jembatan penghubung yang langsung menuju bagian belakang Stasiun Manggarai," ujarnya. (eh)

Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Hormati Putusan MK: Selamat Bertugas Prabowo-Gibran

PKS menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Anies-Cak Imin terkait sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024