Cara Polisi Wanita Peringati Hari Kartini

Polwan di Samsat Bekasi peringati hari Kartini
Sumber :
  • VIVAnews/ Erik Hamzah (Bekasi)
VIVAnews
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
- Guna memperingati Hari Kartini, sejumlah Polisi Wanita (Polwan) di lingkungan Polres dan Samsat Depok memberikan pelayanan dengan gaya Raden Ajeng Kartini. Lengkap dengan kain kebaya dan konde, para Polwan cantik ini pun memberikan warna tersendiri di lingkungan Polri.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Suasana tegang yang biasanya ada di benak masyarakat saat mendatangi kantor polisi, hari ini tampak begitu berbeda. Sejumlah warga, yang datang mengaku lebih nyaman dan santai lantaran polisi yang biasanya memberikan pelayanan khusus hari ini, mereka tidak mengenakan seragam dinas.
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024


"Kalau seperti ini jadi enggak kaku, kami lebih nyaman. Biasanya kan kalau datang ke kantor polisi bawaannya sudah tegang duluan," kata salah seorang warga saat mendatangi Samsat Depok, Senin 21 April 2014.


Tak hanya itu, para polwan juga membagi-bagikan permen dan selebaran peringatan Hari Kartini pada sejumlah warga. Bak seorang peragawati, penampilan para Polwan ini pun disambut positif sejumlah pengunjung yang hadir.


"Ya, kami berharap momen ini dapat dijadikan sarana untuk lebih meningkatkan pelayanan, khususnya bagi wajib pajak yang ada di Samsat Depok," kata salah satu anggota Samsat Depok, Brigadir Astu.


Senada dengan itu, Kanit Samsat Depok, Ajun Komisaris Polisi Eko Bagus Riyadi menambahkan, pihaknya terus berupaya untuk melakukan pembenahan guna memberikan pelayanan prima pada masyarakat, khususnya wajib pajak yang ada di lingkungan Samsat Depok.


"Kami selalu melakukan pembenahan untuk memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Dengan begitu, kami berharap tingkat kesadaran warga akan meningkat seiring dengan pelayanan yang kami berikan," ujar Eko didampingi Pamin STNK Samsat Depok, Iptu Dodin Awaludin.


Selain di area Samsat, peringatan Hari Kartini juga dilakukan jajaran Polres Kota Depok. Sejumlah Polwan yang ada di lingkungan Polres juga terlihat menarik dengan balutan busana khas Indonesia tersebut.


Peringatan Kartini di Bekasi

Kondisi serupa juga terjadi di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Bekasi Jawa Barat, hari ini, Senin 21 April 2014.  Sejak memasuki kantor yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, hingga di ruang pelayanan, seluruh petugas terlihat mengenakan pakaian adat daerah.


Petugas perempuan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah lengkap dengan kebaya dan kain jarik. Sementara itu, yang laki-laki mengenakan pakaian adat Betawi dan Jawa Tengah.


“Kegiatan ini dilakukan untuk memperingati Hari RA Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April. Ini agenda tahunan di kantor Samsat Kota Bekasi, ” ujar Kepala Unit Samsat Kota Bekasi, AKP Ardyaningsih.


Selain untuk mengingat emansipasi yang diperjuangakan Kartini, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan sentuhan pelayanan yang berbeda kepada masyarakat.


“Lebih mendekatkan secara emosional petugas Samsat dengan masyarakat,” tambah Ardyaningsih.


Peringatan Hari Kartini juga terlihat di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Di SPBU 31.171.01, pengelola memberikan bonus kepada pemilik kendaraan yang mengisi Pertamax plus dan Pertamax dex. Mereka yang mengisi Rp200 ribu mendapatkan bonus pengisian gratis sebesar Rp20 ribu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya